Puluhan Mahasiswa Tuntut Kesejahteraan Para Buruh, Di Hari Buruh Internasional
Keterangan Gambar :

Puluhan Mahasiswa Tuntut Kesejahteraan Para Buruh, Di Hari Buruh Internasional

180 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dalam rangka memperingati hari buruh Internasional tanggal 1 Mei, puluhan mahasiswa melakukan aksi demo tepatnya disimpang dilampu merah MTQ Kendari, Senin (01/05/17).

Dalam aksinya tersebut para mahasiswa menuntut keadilan ke pemerintah untuk kesejahteraan buruh di Indonesia khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pasalnya puluhan mahasiswa tersebut yang tergabung dalam lima organisasi kemahasiswaan yakni GEMBALA Sultra, OPM Sultra, IMLB Sultra, GMPS Sultra, dan HIMALAD Sultra menilai bahwa hingga saat ini para buruh di Sultra masih jauh dari kata sejahtera.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu Anggota Organisasi Pemerhati Masyarakat (OPM) Sultra yang turut serta dalam aksi demo Mayday yang jatuh pada hari ini, Zahirudin Pene mewakili seluruh masa aksi mengatakan bahwa pihaknya meminta agar pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat pribumi dalam hal pemanfaatan sumberdaya alam yang ada di wilayah Sultra.

“Tuntutannya yang paling utama adalah bagaimana caranya mensejahterahkan buruh, bagaimana para buruh bisa sejahtera dan tidak lagi teraniaya seperti yang kerap terjadi saat ini dimana para buruh dipekerjakan dengan upah yang tidak layak,” ungkap Zahirudin.

Bukan hanya itu, Pihaknya juga mengatakan bahwa kebijakan pemerintah saat ini terkesan mendiskriminasi masyarakat pribumi dalam hal pemanfaatan sumberdaya alam (SDA) dimana pemerintah lebih memprioritaskan pekerja asing dibanding masyarakat pribumi.

“Kami hanya melihat kejadian yang di Morosi, disana itu pekerjanya lebih dominan pekerja asing dibandingkan dengan pekerja pribumi, kami menduga ada sistim diskriminasi disini, kemudian ada campur tangan penguasa di negri ini,” kata Zahrudin.

Aksi tersebut berakhir dengan tertib dan direncanakan akan kembali dilakukan aksi serupa pada hari Selasa besok. (B)