PT VDNI Serap Belasan Ribu Tenaga Kerja Lokal di Sultra
Keterangan Gambar : Salah satu Kegiatan di PT. VDNI

PT VDNI Serap Belasan Ribu Tenaga Kerja Lokal di Sultra

14 views
0

Konawe, Radarsultra.co.id – Kehadiran PT Virtue Dragon Nikel Industry (VDNI) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) rupanya memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal.

Ketgam : Tenaga Kerja Lokal asal sultra yang bekerja di PT. VDNI

Salah satu hal positif tersebut yaitu dengan berhasilnya PT VDNI menyerap hingga belasan ribu tenaga kerja lokal di Sultra untuk bekerja di perusahaan pemurnian nickel atau smelter di Morosi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara, Saemu Alwi mengatakan, selain menciptakan lapangan kerja, keberadaan PT VDNI dan PT OSS di Kawasan Industri di Kabupaten Konawe tersebut rupanya juga turut menciptakan transfer teknologi dari tenaga kerja asing (TKA) ke pekerja lokal.

Hal ini tentu dapat membantu mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki para pekerja lokal yang bekerja di perusahaan tersebut,” ujarnya, Minggu, (21/06/2020).

Dikawasan industri juga tersebut, lanjut Alwi, terdapat ahli teknologi, dan setiap TKA itu didampingi dengan tenaga kerja Indonesia. Sehingga pada saatnya nanti pekerjaan-pekerjaan itu bisa dilimpahkan pada pekerja Indonesia.

Selain itu, ada juga pekerja lokal yang disekolahkan sampai ke Negeri Cina untuk jenis jabatan pekerjaan tertentu,” katanya.

Tercatat sebanyak 11.227 tenaga kerja lokal yang telah bekerja di kawasan industri itu. Dari jumlah tersebut, 92 persen merupakan tenaga kerja yang berasal dari Sultra, dan 8 persen dari luar Sultra atau TKA.