PT. Citra Jaya Dilapor ke Mabes Polri, Selanjutnya ke Kementerian ESDM
Keterangan Gambar : Ilustrasi

PT. Citra Jaya Dilapor ke Mabes Polri, Selanjutnya ke Kementerian ESDM

0

Jakarta, Radarsultra.co.id – Dinilai tidak patuh terhadap undang-undang, perusahaan pertambangan nikel, PT. Citra Jaya di Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dilaporkan ke Mabes Polri. Tidak sampai disitu, Jaringan Advokasi Tambang Indonesia wilayah Sulawesi Tenggara (JATI Sultra) juga akan melanjutkan laporannya ke Kementerian ESDM RI.

Ketua Umum (Ketum) JATAM Sultra, Enggi mengungkapkan, pihak terkait harus segera mengevaluasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Citra Jaya, pasalnya pihaknya menduga perusahaan tersebut telah melakukan beberapa pelanggan fatal dan menciderai aturan yang berlaku.

Tentunya Kementerian terkait harus segera mengevaluasi IUP PT. Cinta Jaya akibat ketidakpatuhan terhadap mekanisme pertambangan sesuai Undang-undang yang berlaku,” kata Enggi  melalui sambungan telpon Kamis, (01/4/2021).

Lebih jauh lagi, pria yang akrab disapa Gie ini juga menilai, atas sejumlah kejahatan, IUP  PT. Cinta Jaya Harus segera dievaluasi, bahkan perlu dicabut sebagai bentuk kepastian penegakan hukum terhadap perusahaan tambang yang tidak patuh.

Sejumlah dosa dan pelanggaran PT. Cinta Jaya telah siap kami serahkan ke Kementerian ESDM. Bukti bukti dokumentasi pelanggaran PT. Cinta Jaya telah kami siapkan untuk di serahkan ke Kementerian ESDM,” imbuhnya,”.

Enggi menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti untuk menyuarakan kejahatan-kejahatan yang dilakukukan oleh para penambang, salah satunya PT. Citra Jaya hingga perusahaan tersebut mendapatkan sanksi.