PSSI : Piala Presiden 2017 bergulir 4 Februari
Keterangan Gambar :

PSSI : Piala Presiden 2017 bergulir 4 Februari

71 views
0

Olahraga, Radarsultra.co.id – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan kompetisi pra-musim Piala Presiden 2017 siap bergulir pada Sabtu, 4 Februari 2017.

“Kick off dilakukan pada 4 Februari 2017. Perihal lokasinya masih akan dibicarakan, tetapi kemungkinan di Stadion Maguwoharjo, Sleman,” ujar Direktur Event PSSI Erlangga Arya dalam acara peluncuran resmi Piala Presiden 2017 di Studio 8 SCTV, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, PSSI belum bisa memutuskan di mana kick off akan dilaksanakan karena harus menyesuaikan dengan jadwal Presiden Joko Widodo.

Jadwal Presiden yang cukup padat juga menjadi alasan bahwa sampai berita ini diturunkan belum ada kepastian jadwal final kompetisi yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015 tersebut.

“Rencananya, setelah selesai Piala Presiden, klub masih memiliki waktu sekitar dua sampai tiga minggu untuk mempersiapkan tim jelang dimulainya liga,” tutur Erlangga.

Adapun Piala Presiden 2017 diikuti oleh 20 klub, yang mana 18 klub merupakan peserta ISL dan dua klub lainnya adalah juara serta peringkat kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Klub-klub tersebut dibagi dalam lima grup yang akan bermain di lima stadion berbeda yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Grup 1, yang dimainkan di Stadion Maguwaharjo, Sleman, dihuni oleh PSS Sleman. Persipura Jayapura, Mitra Kukar, dan Persegres Gresik.

Grup 2, yang dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Malang, diisi Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PS TNI.

Grup 3, yang ditandingkan di Stadion Jalak Harupat, Bandung, diikuti oleh Persib Bandung, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan.

Grup 4, yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, dihuni oleh Bali United, Sriwijaya FC, Pusamania Borneo, dan Barito Putra.

Grup 5, dilaksanakan di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, beranggotakan Madura United, Semen Padang, Perseru Serui, dan PSCS Cilacap.

Tim yang dinyatakan lolos ke delapan besar adalah para juara grup ditambah tiga tim “runner up” terbaik, yang selanjutnya bertarung sampai final.

Pada babak delapan besar sampai semifinal, pertandingan akan dilaksanakan dalam format kandang dan tandang. Sementara babak final digelar dalam pertandingan tunggal (“single match”).

Juara Piala Presiden 2017 nantinya menerima hadiah sebesar Rp3 miliar, peringkat kedua mendapat Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan peringkat keempat Rp500 juta.

“Kemudian ada juga hadiah berupa uang tunai untuk pemain terbaik, pencetak gol terbanyak, dan wasit terbaik,” kata Erlangga.

Seluruh pertandingan Piala Presiden 2017 akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi SCTV dan Indosiar pada pukul 15.00 WIB dan 18.30 WIB untuk babak penyisihan grup serta pukul 18.30 untuk babak delapan besar sampai final.(ANT)

About author