Program Gertamcabe Dioptimalkan di Sultra
Keterangan Gambar : Penantanganan MOU oleh Kadis Pertahanan Pangan Sultra, Gubernur Sultra, dan Ibu Ketua PKK Sultra.

Program Gertamcabe Dioptimalkan di Sultra

52 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Untuk mengoptimalkan pekarangan rumah serta menekan harga cabe yang semakin tidak terkendali harganya, Dinas Ketahanan Pangan mengandeng ibu PKK Sultra mengalakkan Gerakan Nasional Tanam Cabe (Gertamcabe). Gertamcabe ini telah dibuka langsung oleh Gubernur Sultra H. Nur Alam S.E, di Jalan Poros Bandara Haluoleo, Kamis (2/3).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra, Amal Jaya mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menekan harga cabai di Indonesia khususnya di Sultra dan pemanfaatan di pekarangan masing – masing yang dimiliki.

Ia juga menambahkan bahwa Gertamcabe merupakan kegiatan dalam mengoptimaliasi pekarangan melalui rumah pangan lestari. Dan juga kegiatan ini dibantu langsung melalui organiasasi perempuan (PKK) dan keterlibatan PKK sangat strategi, sebab menggunakan hatinya.

Gubernur Sultra H. Nur Alam S.E mengatakan dengan pemanfaatan lahan pekarangan, diharapkan ibu – ibu rumah tangga mengurangi pembelian cabe – cabe di pasar. Sehingga suplay cabe yang selama ini melayani kebutuhan dalam skala besar dan skala rumah tangga itu bisa tratasi.

“Dimana nanti bisa menstabilkan harga cabe di pasar, otomatis jika ibu – ibu tidak lagi membeli cabe di pasar untuk kebutuhan hari – hari. Karena sudah ter back up di lahan – lahan pekarangannya, suplay di pasar akan bisa menyediakan konsumsi dalam skala besar,” ungkap Gubernur Sultra kepada awak media.

Ketua TP PKK Sultra Tina Nur Alam, menegaskan pihaknya sangat mendukung kegiatan Gertamcabe, karena akan mendukung ketahanan pangan. Dan menginspirasi ibu – ibu dalam pemanfaatan lahannya, sehingga kebutuhan terkait cabe sudah dapat teratasi secara perlahan.

Sementara itu, Nur Alam mengatakan bahwa pekarangan yang telah siap dan kosong telah disediakan bibitnya.

‘’Diharapkan dengan adanya gerakan penanaman cabai Nasional, ibu – ibu PKK di libatkan sampai dengan ke desa – desa untuk penanaman di pekarangan masing – masing,’’ imbuhnya. (C )

About author