Program Cerdas Sultraku Berbuntut pada Penahanan Ijazah
Keterangan Gambar :

Program Cerdas Sultraku Berbuntut pada Penahanan Ijazah

221 views
0

Kendari-Radarsultra.co.id Program Pemerintah Provinsi  Sultra  Cerdasku di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, bersama Pemda Kabupaten/Kota se-Sultra berbuntut kepada penahanan ijazah sejumlah mahasiswa asal Kota Kendari yang sudah menempuh studi di universitas tersebut.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Sultra, Damsid  mengatakan dengan terjadinya masalah penahanan ijazah ini, maka Gubernur Sultra akan mengambil alih dalam hal ini yakni Pemprov. Sultra yang akan menyelesaikan tunggakan tersebut.

“Yang jelas Pak Gubenur sudah ambil alih, jadi Pemrpov  Sultra yang akan menyelesaikan tunggakan itu,” kata Damsid dalam dengar pendapat di DPRD Sultra, Selasa (17/1/2017)

Damsid juga menegaskan bahwa hal itu bukan merupakan tunggakan melainkan ada perbedaan persepsi antara data pemerintah kota dengan pihak Unissula pada saat merekrut mahasiswa dan telah dilakukannya penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan data tersebut.

“Bukan tunggakan cuma perbedaan persepsi tentang data  MOU-nya  dengan Unisula, hanya 100 data di Kota Kendari tapi ternyata ada 300 lebih data di Unissula,” jelas Damsid.

Tunggakan yang harus dibayar Pemprov Sultar sekitar Rp. 1 miliar, yang diambil dari Anggaran Belanja Pemerintah Daerah (APBD)  Sultra. Yang akan diselesaikan seceptnya oleh Pemprov.

Untuk diketahui program kerja sama ini dibiayai oleh pemerintah provinsi dengan pemerintah setempat, menurut tempat asal dari mahasiswa yang mengikuti program tersebut, dengan pembagian Pemprov. Sultra sebesar 50 persen dan masing-masing kabupaten/kota sebesar 50 persen. ( C )

About author