Produk UMKM Binaan PT GKP Wakili Produk Unggulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Konawe Kepulauan

Produk UMKM Binaan PT GKP Wakili Produk Unggulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Konawe Kepulauan

1

Kendari, Radarsultra.co.id – Dua produk Usaha Kecil Menengah (UMKM) binaan PT Gema Kreasi Perdana (GKP) menjadi perwakilan produk unggulan ekonomi kreatif dari Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dua produk UMKM tersebut adalah Mohawi (Keripik Kelapa) dan Samaturu (Olahan Jambu Mete). Kedua produk ini ikut dipamerkan dalam Pekan Produk Unggulan Daerah Sultra yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata (Disar) Sultra.

Kegiatan yang diselenggarakan di ball room Hotel Claro Kendari pada Rabu, 7 September 2022 itu dalam rangka pengembangan dan peningkatan ekonomi kreatif produk unggulan daerah Sultra.

Tim CSR PT GKP, Aldo mengatakan, keikutsertaan produk UMKM binaan PT GKP setelah mendapatkan sertifikat Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

“Sebelumnya produk keripik kelapa dan olahan jambu mete hanya dipasarkan di lingkungan yang masih terbatas, karyawan maupun masyarakat sekitar, belum dijual umum maupun diikutkan dalam berbagai ekspo,” kata Aldo, Kamis, (8/9/2022).

Lebih lanjut, Aldo menjelaskan, keikutsertaan produk UMKM binaan GKP ini sekaligus memperkenalkan dan meningkatkan pasar produk sehingga dikenal lebih luas lagi.

“Kita optimis, produk UMKM binaan kita memiliki daya saing dengan produk lain dan menjadi produk unggulan di Konawe Kepulauan,” jelasnya.

Kedepan, lanjut Aldo, selain ikut dalam berbagai kegiatan pameran, juga akan dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga pasar produk UMKM binaan PT GKP lebih luas lagi.

“Kita masih akan terus membantu untuk penjajakan pasar yang lebih luas lagi. Kalau untuk produksi, siap berapapun jumlahnya,” lanjut Aldo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Hari Tombili, dalam sambutannya pada pembukaan acara mengungkapkan bahwa kegiatan pekan ekonomi kreatif tersebut merupakan langkah positif untuk meningkatkan daya saing produk-produk unggulan berbagai daerah di Sultra.

“Kita berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan ekosistim ekonomi kreatif di seluruh daerah di Sultra,” ucap Belli.

Your email address will not be published. Required fields are marked *