Polsek Baruga Ringkus Komplotan Jambret, Beberapa Diantaranya Masih Berstatus Pelajar

Polsek Baruga Ringkus Komplotan Jambret, Beberapa Diantaranya Masih Berstatus Pelajar

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra),  berhasil menangkap komplotan  jambret  yang kerap melakukan aksinya di malam hari.

Foto : Emil Rusmawansyah / Radarsultra.co.id

Komplotan jambret tersebut diketahui beranggotakan sebanyak enam orang remaja yang masih berusia 16 sampai 20 tahun dimana beberapa diantaranya diketahui masih berstatus pelajar di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Kendari Sultra.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Baruga Kota Kendari, AKP Idam Sukri yang ditemui di Mapolsek Baruga mengatakan, penangkapan komplotan jambret tersebut berhasil dilakukan setelah melakukan penyelidikan selama kurang lebih 2 (Dua) bulan lamanya.

“Awalnya datang seorang perempuan yang  melaporkan bahwa telah terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan, dia melaporkan bahwa pada malam hari tanggal 18 Februari pukul 23.15 WITA telah dijambret oleh seorang pengendara motor, setelah dua bulan kita melakukan penyelidikan terhadap tersangka maka didapatkanlah pada tanggal 24 Maret kemarin kita bisa mengungkap tersangkanya siapa, setelah kita melakukan pengecekan melalui IT,” ,” kata AKP. Idam, Selasa (27/3/2018).

Penyelidikan tersebut diawali dengan menyelidiki keberadaan barang curian berupa Hand Phone (HP)  melalui media sosial, dan benar saja, para pelaku rupanya menjual hasil curiannya secara online di salah satu media sosial.

“Kita mengawali penyelidikannya dari yang membeli HP  hasil curian itu, kemudian kita ikuti terus mulai dari pembeli terakhir sampai dengan tersangka yang mengambil pada korban,” ungkap Kapolsek.

Modus yang dilakukan para penjambret yaitu dengan cara mengintai para calon korban terlebih dahulu dan apabila si calon korban tengah lengah maka para penjambret melancarkan aksinya dengan cara merampas barang milik korban dengan menggunakan sepeda motor.

Sampai saat ini, pihak Polsek Baruga  sudah mengamankan kurang lebih enam orang pelaku yang terlibat dalam kasus penjambretan tersebut yang masing masing berinisial AR (19), RH (19), RA (17), dan RM (16) sementara dua orang lainnya diketahui sebagai pembeli barang hasil curian tersebut.

Dari hasil penangkapan, pihak Kepolisian berhasil mengamankan beberapa barang bukti berupa dua unit kendaraan roda dua dengan merek Honda Beat Warna Putih dengan nomor Polisi DT 2071 IF dan Yamaha Mio M3 warna Kuning dengan Nomor Polisi DT 6348 IF yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya, selain itu berhasil juga diamankan dua unit HP merek Samsung Galaxi J7 Pro Hitam dan Oppo warna Putih.

Saat ini keenam pelaku penjambret tersebut telah ditahan di sel tahanan Mapolsek Baruga dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat dengan pasal 365 subsider 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman minimal 5 (Lima) tahun penjara. (B)

Your email address will not be published. Required fields are marked *