Polres Kendari Launching Aplikasi Android “Panic Button”
Keterangan Gambar : launching Panic Button Kendari di Mapolres Kendari

Polres Kendari Launching Aplikasi Android “Panic Button”

Editors choice
201 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, Polres Kendari membuat terobosan baru dalam bentuk aplikasi android yang dinamakan Panic Button Kendari. Aplikasi ini ditujukan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan bantuan pihak Kepolisian.

Hal ini diungkapkan Kapolres Kendari, AKBP. Sigit Haryadi dalam adara launching aplikasi Panic Button Kendari di Mapolres Kendari pada pukul 10.00 wita, Sabtu (25/03/17).

” Polres Kendari akan meluncurkan program panic button sebagai tindak lanjut dari progran lintas pak Kapolri promoter, jadi kita membuat aplikasi yang diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami tindak pidana atau terkena tindak pidana,” ungkap AKBP. Sigit Haryadi, Sabtu (25/03/17).

Kasat Reskrim Polres Kendari AKP Yunan Sirait juga menambahkan bahwa aplikasi Ini berlaku bagi seluruh masyarakat yang berada di dalam wilayah hukum Kota Kendari termasuk daerah, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe kepulauan dan sekitarnya.

“Sekarang bila masyarakat butuh bantuan pihak Kepolisian, masyarakat tinggal menggunakan sebuah Aplikasi yang di buat oleh Polres Kendari. Dengan Aplikasi tersebut masyrakat bisa memanggil Polisi kapan saja kalau membutuhkan bantuan,” kata AKP. Yunan.

Masyarakat dengan bebas bisa memperoleh Aplikasi tersebut di play store dengan mengetik kata kunci “panic button Kendari” di kolom search bagi pengguna android, smentara untuk pengguna IOS dan Aple Polres Kendari belum menyediakan aplikasi serupa.

“Aplikasinya bisa didownload oleh masyarakat, khususnya pengguna android sementara untuk IOS dan Apple kami masih melakukan evaluasi untuk itu, saat ada kejadian masyarakat bisa langsung menyampaikan lewat hand phone itu khususnya android dan dari situ nanti petugas kita yang berada di dekat lokasi kejadian akan langsung segera menindaklanjuti,” imbuh AKBP Sigit

Aplikasi Android Panic Button Kendari mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pertolongan jika berada dalam keadaan bahaya, kecelakaan, kebakaran dan kebutuhan masyarakat terhadap bantuan polisi.

Sebelum menggunakan aplikasi Panic Button Kendari, masyarakat diharuskan untuk melakukan registrasi dengan mudah hanya dengan memasukan alamat email yang terdapat di HP androidnya dan kemudian mengisi biodata sesuai identitas yang ada dalam Kartu tanda penduduk (KTP).

Dengan aplikasi tersebut masyarakat bisa dengan mudah meminta bantuan pihak kepolisian dengan cara menekan tombol Panic Button yang sudah didownload sebanyak tiga kali dan pihak kepolisian akan langsung mengetahui lokasi masyarakat yang membutuhkan bantuan kepolisian tersebut.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menekan tingkat tindak kriminal dengan informasi yang cepat dan penindakan yang cepat.

“Harapan kita dengan adanya aplikasi ini semakin cepat informasi kita dapat semakin cepat pula kita untuk mengungkap pelaku-pelaku ataupun kasus-kasus yang ada di kota kendari,” tutup AKBP. Sigit. (B )