Polres Butur Kaget Dana Pengamanan Pilkada Hanya Dua Miliar
Keterangan Gambar :

Polres Butur Kaget Dana Pengamanan Pilkada Hanya Dua Miliar

70 views
0

Buton Utara, Radarsultra.co.id – Anggaran pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton Utara Butur 2020 yang disediakan Pemerintah Daerah (Pemda) senilai kurang lebih Rp 2 (dua) Miliar rupiah, dinilai tidak cukup untuk kebutuhan operasional dalam hal ini Kepolisian Resor (Polres) Butur.

Hal tersebut diungkapkan pihak Polres Butur pada saat rapat pemaparan oleh Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Butur dan Pemda Butur Gedung DPRD Butur, Kamis, 20 Februari 2020.

Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso, S.I.K mengungkapkan, mengenai anggaran, pihaknya sudah terlebih dulu berkonsultasi dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjend Pol. Merdisyam.

Untuk anggaran kami sudah konsultasi dengan bapak Kapolda melalui Kabag Ops seminggu yang lalu,” kata Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso, S.I.K, Kamis, (20/02/2020).

Menurutnya, anggaran  yang disediakan Pemda sangat kurang, mengingat wilayah Kabupaten Butur yang luas untuk dijangkau oleh Polres Butur yang masih seumur jagung dengan jumlah personil yang terbatas.

Jadi anggaran itu sangat kurang, nanti yang susah adalah Polres, karena kami nanti mendatangkan personil dari Polda, kemudian Satbrimob, kemudian dari Samapta untuk membackup wilayah di kabupaten Butur. Jadi kabupaten Butur ini wilayahnya sangat luas antar Polsek maupun dari ereke ke Polsek-polsek, ada enam kecamatan dan jaraknya jauh sekali,” ungkapnya.

Makanya begitu kami tau anggaran sekian makanya kami kaget,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Butur, AKP Suriadin dalam pemaparannya menjelaskan rencana anggaran pengamanan Pilkada 2020 yang dibutuhkan yaitu berada di kisaran Rp. 6,1 Miliar.

Anggaran tersebut terbagi dalam 14 tahapan mulai dari tahap persiapan hingga modal satuan dana kontijensi.

Tujuan kita di sini hanya satu, bagaimana pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Buton Utara tahun 2020 berjalan aman, damai, sukses,” ucap AKP Suriadin.

Menanggapi hal tersebut, DPRD Butur menunjukan reaksi positif terhadap kebutuhan anggaran yang dipaparkan oleh pihak Polres Butur.

Mewakili seluruh anggotanya, Ketua DPRD Butur, Diwan menyatakan mendukung usulan Polres Butur demi suksesnya pelaksanaan Pilkada 2020.

Menurut Diwan, salah satu langkah untuk merealisasikan penambahan anggaran pengamanan Pilkada Butur yaitu pada APBD perubahan yang akan dibahas pada Juli 2020 mendatang.

Diwan menyampaikan bahwa pihaknya menyepakati penambahan anggaran pengamanan Pilkada Butur, namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, pihaknya menyarankan pentingnya koordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Anggaran perubahan, nomor satu Polres. Belum ada tambatan perahu, perjalanan dinas,” tegasnya.