Polda Sultra Musnahkan 940 Gram Shabu-sabu Dari Dua Orang Tersangka
Keterangan Gambar :

Polda Sultra Musnahkan 940 Gram Shabu-sabu Dari Dua Orang Tersangka

94 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Team Sus Subdit III Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengungkap kasus penyalahgunaan Narkotika jenis Shabu-shabu di Kota Kendari. Pasca pengungkapan, pihak Polda Sultra lalu memusnahkan Barang Bukti (BB) Shabu seberat 940  Gram Bruto tersebut pada Selasa, (02/07/2019).

Direktur Reserse Narkoba (Dir Narkoba) Polda Sultra, Kombes. Pol. Satria Adhy Permana, saat melakukan pemusnahan BB Narkotika jenis shabu

Direktur Reserse Narkoba (Dir Narkoba) Polda Sultra, Kombes. Pol. Satria Adhy Permana mengungkapkan, ratusan gram Shabu yang dimusnahkan tersebut diperoleh dari dua orang tersangka dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda pada Rabu, 29 Mei 2019 lalu.

“Tersangkanya ada 2 (dua) yang pertama berinisial RSD diamankan di jalan Bandang I Kel. Sodohoa, Kecamatan Kendari Barat, sedangkan tersangka kedua berinisial BLG diamankan di Lorong Macan, RT 10, Kel. Tipulu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Keduanya berperan sebagai gudang dan tukang tempel (tutel),” ungkap Kombes. Pol. Adhy, Selasa, (02/07/2019).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kedua tersangka diketahui dikendalikan oleh dua bandar Shabu-shabu. Tersangka RSD diketahui mendapat tugas dari seorang bandar berinisial HM untuk menerima shabu dari suppliyer dengan sistem tempel, dan menyimpan, merakit, serta mengedarkan kepada sub bandar dan dalam pemasaran dikendalikan langsung oleh HM dengan menggunakan alat komunikasi handphone (Hp). Begitu juga dengan tersangka BLG yang mendapat tugas dari seorang bandar berinisial AC.

Dari tersangka RSD polisi mengamankan Barang Bukti (BB) shabu seberat 424 Gram Bruto,satu unit kendaraan roda empat, satu unit alat timbangan digital, satu buah alat press, plastik bening dua ball, dan HP dua buah serta satu buah ATM serta buku tabungan.

Sedangkan dari tersangka BLG pihak kepolisian juga mengamankan BB shabu seberat 516 Gram Bruto, dua buah HP, satu buah kunci kontak, serta uang tunai Rp.3.500.000 rupiah, dan dua buah ATM.

“Totalnya 940 gram bruto yang berhasil kami amankan dan akan kita musnahkan hari ini” kata Dir Narkoba.

Atas tindakan kriminalnya, kedua tersangka disangkakan Pasal 132 ayat (1) Junto Pasal 114 ayat (2) subs pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 6 bulan penjara, pidana seumur hidup, atau pidana mati.

Untuk menekan jumlah peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Sultra, Kombes. Pol. Adhy menghimbau seluruh masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan apabila ada aktivitas masyarakat yang mencurigakan dan berpotensi bertentangan dengan hukum.

“Kejahatan narkotika adalah musuh bersama bukan hanya polisi, untuk itu mari semua pihak untuk mengambil peran dan mencegah peredaran dan penggunaan narkoba. Peran serta masyarakat  dalam mencegah dan penyalahgunaan narkoba sangat dibutuhkan dengan cara mau memberikan informasi kepada Dit Resnarkoba,” himbaunya.