Pleno KPU Buteng: Pasangan Samahuddin-La Ntau Unggul
Keterangan Gambar :

Pleno KPU Buteng: Pasangan Samahuddin-La Ntau Unggul

Editors choice
85 views
0

Buton Selatan, Radarsultra.co.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Tengah (Buteng) tetapkan Paslon Samahuddin-La Ntau atau ‘SamaTau’ sebagai pemenang Pemilukada Buteng. Hasil ini berdasarkan keputusan Pleno KPU Buteng, Kamis dini hari (23/02) sekitar pukul 02.55 wita.

Dalam pleno tersebut Samahuddin-La Ntau atau ‘SamaTau’ meraih suara tertinggi sebanyak 27.647 suara, dan Paslon ‘Beramal Saleh’ hanya mendapat 20.143 suara, dari total suara sah sebanyak 47.790.

Namun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton Tengah mengeluarkan surat rekomendasi untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada TPS 2 Talaga Besar, dikarenakan pada TPS tersebut terdapat delapan surat suara siluman.

“Besok (hari ini, red.), kami akan keluarkan surat rekomendasi PSU (pada TPS 2 Talaga Besar). Jadi hasil hari ini saya tidak menjamin tidak berubah, karena masih ada PSU,” jelas Ketua Panwaslu Buteng Kelius Udaya SPd MA.

Dengan kata lain, menurut Helius PSU yang akan dilaksanakan pada TPS 2 Talaga Besar akan mempengaruhi hasil pleno yang telah ditetapkan.

Namun pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton Tengah Aminuddin mengatakan, hingga saat ini pihak KPU belum mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan PSU pada TPS 2 Talaga Besar.

Ditegaskan oleh Aminuddin, hasil pleno yang sudah ditetapkan adalah hasil akhir yang sudah mutlak, dan tidak akan terpengaruh meskipun dilakukan PSU pada TPS 2 Talaga Besar, meskipun ada pihak yang merasa keberatan.

“Sampai sekarang KPU bulum mengeluarkan rekomendasi untuk PSU. Ini merupakan hasil final dari KPU, adapun kalau ada yang keberatan, ada jalur tersendirinya dan itu sudah wilayah Panwaslu.” tutupnya. (*)

About author