Pertahankan Opini WTP, Biro Keuangan Kemenkumham Bimbing Operator SAIBA di Sultra
Keterangan Gambar :

Pertahankan Opini WTP, Biro Keuangan Kemenkumham Bimbing Operator SAIBA di Sultra

64 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas hasil pemeriksaan laporan keuangan Kemenkumham Tahun 2018 lalu, Kemenkumham Sultra menggelar kegiatan Pembinaan Penyusunan Laporan Keuangan Satuan Kerja Dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara Tahun 2019.

Bertempat di Aula Kanwil, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Sofyan, S.Sos., SH., MH, didampingi Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Sismolo, S.Sos., MM., M.Si, membuka kegiatan yang terlaksana berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Nomor: SEK.3.KU.05.02-106 tanggal 26 Agustus 2019 perihal Pembinaan Penyusunan Laporan Keuangan, yang diikuti oleh seluruh operator SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual) satuan kerja Kemenkumham Sultra dengan menghadirkan Tim Biro Keuangan Kemenkumham RI yang dipimpin oleh Kasub Aklap IV, Adi Prayogo sebagai narasumber atau pemateri.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan guna menghasilkan Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2019 yang akurat, transparan dan akuntabel.

“Mari sama-sama membantu Kementerian kita untuk kembali meraih WTP,” ujar Sofyan, Selasa, (17/09/2019).

Melalui kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 – 15.30 WITA tersebut, tim SAIBA diharapkan bisa memahami seluruh prinsip-prinsip kerja operator SAIBA, untuk itu Sofyan berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan tersebut dengan maksimal.

“Kami berharap teman-teman sekalian mengikuti kegiatan ini dengan serius mumpung pakarnya ada disini. Jika ada yang tidak dimengerti silahkan ditanyakan,” himbaunya.

Senada dengan himbauan Kakanwil, Kadivmin juga mengajak seluruh peserta untuk maksimal menjalani kegiatan tersebut guna menghasilkan laporan keuangan yang baik.

“Saya mohon kepada adik-adikku sekalian, ikuti acara ini dengan seksama seharian penuh ini. Tanyakan jika tidak dipahami,” harap Sismolo.

Kepada Tim dari Biro Keuangan, Sismolo juga berharap agar mampu memberikan pengetahuan kepada seluruh operator SAIBA yang ada di jajaran Kemenkumham Sultra.

“Terimakasih kami ucapkan rombongan dari biro keuangan mohon izin bimbing adik-adik kami,” tutupnya.

Untuk diketahui, pada 12 September 2019 lalu Kemenkumham mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan atas perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut atas laporan keuangan Tahun 2014 – 2018.