Persiapan New Normal, GTC-19 Gelar Rapid Tes Masal di Pasar Mina-minanga, Hasilnya Non Reaktif
Keterangan Gambar : Ketua GTC-19 Butur, Drs. Abu Hasan saat melakukan persiapan menghadapi pola hidup New Normal

Persiapan New Normal, GTC-19 Gelar Rapid Tes Masal di Pasar Mina-minanga, Hasilnya Non Reaktif

202 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar Rapid Tes masal di pasar Mina-minanga, Selasa, (02/06/2020). Rapid tes masal ini diikuti oleh 100 orang pengunjung pasar dan tidak satupun yang menunjukan hasil reaktif.

Persiapan New Normal, GTC-19 Gelar Rapid Tes Masal di Pasar Mina-minanga

Ketua GTC-19 Butur, Drs. Abu Hasan mengatakan, rapid tes tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan menghadapi pola hidup New Normal atau Normal Baru sesuai kebijakan pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam menghadapi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Selain itu, rapid tes masal ini juga bertujuan sebagai deteksi dini untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Butur yang saat ini masih bertahan di zona hijau.

“Pertama hari ini di fokuskan di pasar karena ini baru tes awal rapid tes, untuk melihat hal-hal yang memungkinkan terkait Covid-19,” kata Abu Hasan, Selasa, (02/06/2020).

Abu Hasan mengatakan, setelah rapid tes masal di pasar, pihaknya juga akan melakukan hal serupa di tempat-tempat umum lainnya seperti tempat-tempat ibadah dan sebagainya.

Hari ini giliran pasar pertama setelah itu mungkin kita bergeser ketempat tempat yang lain seperti rumah ibadah dan lain lain, tapi ini tidak dikhawatirkan. Masyarakat tidak perlu takut tidak perlu khawatir dengan tes ini karena tes biasa saja,” lanjutnya.

Abu Hasan berharap rapid tes masal di pasar ini bisa mewakili seluruh populasi masyarakat di pasar dimana dari 100 sampel yang dilakukan rapid tes tersebut diambil dari para pedagang dan sebagian pengunjung pasar.

Senada dengan Abu Hasan, Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Butur, dr.Muh.Ali Badar mengatakan 100 pich rapid tes diyakini dapat mewakili populasi yang ada di pasar Mina-minanga.

Melalui rapid tes masal di pasar ini, GTC-19 Butur mencoba mendapatkan gambaran terkait Covid-19 dan memastikan pasar sentral Mina-minanga yang tiap harinya dipadati oleh pengunjung aman dari wabah Covid-19.

Kalau ada rapid yang reaktif maka kita perketat lagi protokol kesehatan yang ada pasar Mina-minanga ini,” ungkap dr. Muh. Ali Badar.

Terkait penerapan new normal di Kabupaten Butur, dr. Ali menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan kebijakan pusat yang memberikan rekomendasi untuk melakukan aktivitas produktif dengan syarat tetap mengikuti protokol kesehatan.

Tanggung jawab melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, sosial distancing itu adalah tanggung jawab kita semua, bukan hanya petugas kesehatan,” jelasnya.

Dalam menghadapi new normal, GTC-19 Butur juga harus mempersiapkan diri untuk lonjakan aktifitas masyarakat di wilayah perbatasan.

Tim medis di posko perbatasan untuk lebih diperketat penjagaan menghadapi new normal ini karena kalau jebol perbatasan di wilayah kita maka akan menghawatirkan dengan kebijakan yang diterapkan dipusat untuk kita lakukan new normal di daerah ini,” pungkasnya.