Peringati HUT ke-50, IAIN Kendari akan Gelar Konferensi Internasional
Keterangan Gambar :

Peringati HUT ke-50, IAIN Kendari akan Gelar Konferensi Internasional

195 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dalam rangka HUT ke-50 Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Kendari, akan menggelar konferensi Internasional dengan tema “Islam dan Kearifan Lokal”.

IAIN Kendari satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di Sultra dalam rangka ulang tahun emasnya menegaskan eksistensinya sebagai pelayan umat dengan mewujudkan visi pendidikan yang benar-benar dapat melayani masyarakat Sultra.

‘’Bahkan secara nasional dan Internasional akan menjadi basis pengembangan kajian dan penelitian ilmiah,”ujar Rektor IAIN Kendari, Nur Alim pada konferensi persnya di ruang senat Gedung Rektorat, Kamis (23/3/2017).

Dikatakan bahwa International Conference on Islam and Local Wisdom adalah rangkaian ikhtiar IAIN Kendari dalam memfasilitasi dan mengakomodir para akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mempublikasi hasil kajian dan penelitiannya ke dalam jurnal yang terakreditasi secara Internasional, khususnya terkait dunia Islam dan kearifan Lokal.

Dimana katanya menjelaskan bahwa Islam dan Kearifan Lokal adalah tema yang diharapkan dapat mendorong pengembangan kualitas kehidupan keberagaman yang berbasis kepada kebijakan-kebijakan dan prinsip hidup masyarakat.

‘’Sehingga masyarakat tidak kehilangan identitas lokalnya dalam mewujudkan Islam yang berkerahmatan bagi seluruh alam,’’ jelasnya.

Apalagi kata Nur Alim konferensi Internasional adalah wadah bagi para peneliti untuk bertukar informasi, sehingga akan menambah wawasan dan kematangan berpikir ilmiah. Konferensi Internasional juga dapat menjadi sarana untuk menjalin kerjasama antar peneliti.

‘’Baik dari yang dalam negeri maupun yang di luar negeri, keikutsertaan akademisi dalam konferensi Internasional tentu dapat membuka peluang publikasi ilmiah pada jurnal yang memiliki reputasi baik nasional maupun Internasional,’’ katanya.

Untuk diketahui dalam konferensi Internasional nanti akan menghadirkan keynote speaker berskala Internasional yakni Prof Affandi Salleh ( UNISZA Malaysia), Prof. Dr. Gamal Abdul Nasir Zakaria (University Brunai Darussalam), dan Dr. Suyatno ( University Sultan Zainal Abidin Malaysia).

Adapun sub tema dari konferensi ini antara lain ilmu keislaman, sosial, budaya, ekonomi, hukum dan pendidikan. Seminar Internasional ini dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai dengan 28 April 2017, yang dalam penyelenggaraannya IAIN Kendari bekerjasama dengan South East Asia Academic Mobility, yang merupakan sebuah organisasi pendidikan yang beranggotakan 16 Perguruan Tinggi terkemuka di Asia Tenggara. (C )

About author