Pergerakan TKA Ilegal Dikawal Ketat
Keterangan Gambar :

Pergerakan TKA Ilegal Dikawal Ketat

72 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Panglima Kodam (Pangdam) VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bhakti menegaskan, pihaknya akan terus mengawal setiap pergerakan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada di wilayah teritorial Kodam VII Wirabuana, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, termasuk wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Mengingat maraknya TKA illegal yang masuk ke Indonesia menggunakan paspor tujuan wisata.

“Kita harus melihat secara komprehensif. Negara yang ingin meningkatkan devisa dengan V&isa karena semua kebijakan mengandung resiko. Sejauh resiko itu masih kita perhitungkan masih dalam kendali pemerintah, saya kira itu masih wajar,” Ujar Agus saat ditemui awak media usai melakukan penanaman bibit jagung di Kabupaten Konawe Utara, Kamis (12/1/2017).

Untuk itu, lanjut dia, kita butuh peran masyarakat dan harus diberikan ruang kepada warga untuk melakukan pengawasan dan pelaporan jika mencurigai aktivitas orang asing yang berada di sekitarnya agar kita tidak kecolongan dengan hadirnya tenaga kerja asing.

“Setelah diawasi dan dilaporkan, maka pihak imigrasi akan menindaki dan mendeportasi jika terbukti menyalahi aturan keimigrasian,” tambah agus.

“Sampai saat ini TNI terus monitor dan membantu mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan menghimbau untuk tidak mudah percaya isu melalui media sosial, untuk informasi TKA silahkan konfirmasi kepada Imigrasi dan Disnakertrans, karena saat ini banyak sekali cara untuk memecah belah kesatuan kita,” kata Agus.(C)

About author