Perencanaan APBD 2018, Selaras dengan Slogan Kota Layak Huni
Keterangan Gambar : Kepala Bappeda Kota Kendari, Askar saat menyampaikan gagasan perencanaan APBD 2018

Perencanaan APBD 2018, Selaras dengan Slogan Kota Layak Huni

93 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Pemerintah Kota Kendari melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan agenda Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tahun 2017 untuk perencanaan APBD TA 2018, dengan tema “Mendorong Pembangunan Infrastuktur Untuk Mempercepat Perumbuhan Ekonomi Kendari Menuju Kota Layak Huni” yang berlangsung selama tiga hari, 29– 31 Maret 2017.

Kepala Bappeda, Askar menyatakan saat ini Pemerintah Kota tengah menggagas RAPBD TA 2018 yang disesuaikan dengan tujuan pemerintah setempat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Kendari menuju Kota layak huni.

“Utamanya daerah Abeli Poasia, pertumbuhan ekonomi disana cenderung timpang dengan wilayah Puwatu dan Kota, ini adalah salah satu indikator dann merupakan tujuan dasar kita untuk melakukan pemerataan pembangunan di sektor ekonomi” urai Askar, saat menyampaikan sambutannya dalam pembahasan perencanaan APBD 2018 di ruang pola Kantor Walikota Kendari, Rabu (29/3).

Gagasan atas perencanaan APBD 2018 itu katanya melibatkan 235 peserta dari 31 SKPD yang ada, dibagi menjadi empat bidang yakni Bidang Fisik dan Prasarana, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya, dan Bidang Pemerintahan.

Untuk rancangan APBD Tahun 2018, dilakukan dengan tujuan menyelaraskan dan menetapkan pelaksanaan program-program prioritas SKPD yang telah dihasilkan melalui Musrenbang di tingkat Kelurahan dan Tingkat Kecamatan, untuk TA 2018 mendatang berdasarkan Undang-undang nomor 25 Tahun 2004 tentang system perencanaan pembangunan nasional.

Selain membahas soal rancangan anggaran, Askar juga menyinggung soal bencana yang kerap terjadi.

Menurutnya, penataan drainase juga menjadi salah satu indikator penting dalam tujuan pembangunan yang ada dalam pembahasan APBD.

“Penataan kita harus terus di maksimalkan, karena predikat kita sebagai kota layak huni harus dipertahankan, upaya pembenahan lingkungan juga menjadi item penting yang kita gagas bersama pemerintah setempat, untuk mewujudkan Green & Smart City ini, pembenahan harus kita lakukan merata di semua sektor.” jelasnya. (C)

About author

Alifiandra Lala

Reporters. Graduated from faculty of science admnstrasi, Haluoleo University, Southeast Sulawesi. Stay on city of Kendari, Southeast Sulawesi. Street in Supu Yusuf 2. I love traveling, writing, poetry and singing. I am very pleased to have the opportunity to work in radarsultra.co.id. Thank you for the trust and the opportunity that has been given.