Penuhi Kebutuhan di Bulan Ramadhan, BI Sultra Siapkan Sejumlah Strategi
Keterangan Gambar :

Penuhi Kebutuhan di Bulan Ramadhan, BI Sultra Siapkan Sejumlah Strategi

1

Kendari, Radarsutra.co.id – Guna memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat di bulan ramadhan dan hari raya idul fitri, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (Kpw) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah mempersiapkan beberapa strategi.

Kepala BI Kpw Sultra, Minot Purwahono mengungkapkan, pihaknya akan melakukan beberapa langkah seperti melakukan kas keliling dengan bekerja sama bersama perbankan dengan menyediakan jasa penukaran uang melalui Bank umum maupun Bank Perkreditan Rakyat (BPR), memanfaatkan medsos – lingkar koin yang merupakan sarana bertukar uang koin melalui media sosial, dan juga program BI – Meriah yang bekerjasama dengan Hypermart dan Indomaret untuk menerima penukaran uang logam dari masyarakat.

“Selain itu kami juga akan melakukan sosialisasi masif untuk mengurangi peredaran uang palsu di masyarakat” ungkapnya dalam konfrensi pers di salah satu rumah makan di Kota Kendari, Jumat, (11/5).

Selain itu, BI juga telah memproyeksikan kebutuhan uang tunai untuk masyarakat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri sebesar Rp 1.4 triliun rupiah yang tersebar di empat daerah di Sultra yaitu Kota Kendari sebesar Rp 841,2 miliar rupiah, Kabupaten Kolaka sebesar Rp 208,9 miliar rupiah, Kabupaten Raha sebesar Rp 138,7 miliar rupiah dan Kota Baubau sebesar Rp 208,6 miliar rupiah.

“Ini masih berupa proyeksi, jika ternyata kebutuhan uang tunainya lebih besar dari proyeksi maka akan kami tambah lagi” ujarnya.

Melalui langkah-langkah yang disiapkan BI tersebut, diharapkan kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri dapat terpenuhi dan mampu mencegah beredarnya uang palsu di masyarakat. (B)