Penemu Pakan Lobster Pertama Di Dunia Berasal Dari UHO
Keterangan Gambar :

Penemu Pakan Lobster Pertama Di Dunia Berasal Dari UHO

237 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dr. Agus Kurnia, M.Si peneliti dari Universitas Haluoleo (UHO) Sultra,  telah berhasil menemukan formula pakan lobster pertama di dunia.

Di tahun pertama penelitian dilakukan dengan mencari sumber protein alternatif dengan bahan utama keong bakau, tepung kepala ikan dan tepung kepala udang. Serta pada tahapan selanjutnya dengan mencari pengganti minyak ikan dengan minyak jagung, minyak kelapa sawit dan minyak traditional.

Dr. Agus Kurnia,M.Si, yang juga selaku Ketua Jurusan Budi Daya Perairan Fakultas Perikanan UHO menegaskan “Penelitian ini tersebut akan berlanjut,dan  hasilnya akan kami  nanti maksimalkan ditahap selanjutnya sekitar bulan Februari” ungkapnya (kamis /5/1/2017)

Harapannya Lobster kedepannya harus lebih dibudidayakan sebab sumber daya Lobster sekarang sudah berkurang dan harusnya lebih diperhatikan karena Lobster memiliki nilai ekspor yang tinggi.

“dengan usaha mencari Paten pakan Lobster di dunia. Sampai ke Eropa, Korea, Jepang dan Amerika belum ada  kami temukan pakan lobster dan hanya sebatas paten model kurungan pemeliharaan,” Katanya.

Tujuan dari penelitian yang telah dilakuakn agar protein alternatif  dari pakan lobster tersebut lebih sehat dan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, sehat secara nutrisi dan sehat secara ekonomi. Untuk pembudidayaan lobster dengan pakan yang telah dihasilkan nantinya tidak akan menghabiskan banyak biaya. (C)

About author