Penduduk Wakatobi di Masa Mendatang Hanya Butuh 81.000 Jiwa
Keterangan Gambar :

Penduduk Wakatobi di Masa Mendatang Hanya Butuh 81.000 Jiwa

371 views
0

Wakatobi, Radarsultra.co.Id – Jumlah penduduk Kabupaten Wakatobi terus mengalami pertumbuhan signifikan. Sesuai data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk dan KB) merilis angka sebesar 119.000 jiwa tahun ini telah menghuni pulau-pulau yang ada.

Jika dibandingkan dengan jumlah persentase daratan sebesar 3 persen saja dari 97 persen lautan, maka jumlah penduduk tersebut tiap tahun mengalami ledakan. Seyogyanya dari kapasitas jumlah penduduk itu idealnya mampu dihuni sekitar 200.000 jiwa saja sehingga diperkirakan dimasa mendatang Wakatobi tinggal butuh sekitar 81.000 jiwa saja.

Melalui Kepala Dinasnya, La Ode Safiudin, diruang kerjanya, Sabtu(25/2/2017) menjelaskan angka ini bila tidak ditekan maka dipastikan akan sesak beberapa tahun lagi. Apalagi Wakatobi saat ini angka nikah usia dini dan urbanisasi terus meningkat tiap tahun.

“Nah, salah satu cara untuk mengendalikan penduduk atau membatasi jumlah penduduk harus dengan program keluarga berencana. Disitulah pelayanan kontrasepsi, ketahanan keluarga, dan kesehjahteraan keluarga,” paparnya.

Pengendalian penduduk dengan cara kontrasepsi terutama ditujukan kepada pernikahan usia dini dengan motto cukup dua anak pada setiap keluarga namun berbeda dengan penduduk yang pindah dari daerah lain, istilah urbanisasi tersebut sulit ditekan.

“Sementara untuk proyeksi kami, idealnya penduduk Wakatobi ini sebenarnya kita mencapai angka 200 ribu penduduk itu kita sudah akan bermasalah, karena kita ini daerah pulau pulau kecil yang terdiri dari empat pulau besar yang nantinya. Kita tidak bisa mengendalikan penduduk kita pada tataran 200 ribu itu,”lanjutnya.

Hanya saja, langkah penekanan penduduk ini secara langsung akan berbenturan dengan visi misi Kabupaten Wakatobi sebagai Soko traportasi penduduk antar pulau, kemudian tentang ekosistem hayati laut serta potensi pariwisata yang menempatkan ketiganya butuh kunjungan dan angka penduduk lebih besar.

“Tentunya dengan jumlah penduduk yang besar akan mempengaruhi kelestarian terumbu karang kita, terhadap apa yang kita banggakan hari ini. Sehingga proyeksi kami, idealnya penduduk Wakatobi itu hanya pada tataran 200 ribu jiwa,”tutupnya. ( C )

About author