Pencarian Pendaki di Gunung Mekongga Terkendala Komunikasi
Keterangan Gambar : tim SAR tambahan menuju pos dua gunung Mekongga Kolaka

Pencarian Pendaki di Gunung Mekongga Terkendala Komunikasi

Editors choice
109 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Hari keempat Operasi (Ops) SAR pendaki gunung Mekongga terkendala komunikasi dan cuaca buruk. (13/03/17).

Pencarian empat pendaki yang tertinggal di Pos tujuh gunung Mekongga Kolaka, Basarnas Kendari kembali mengirim personil tambahan yang saat ini menurut informasi dari Humas SAR Kendari Wahyudi bahwa tim SAR tambahan tersebut sudah bergerak menuju Pos dua gunung Mekongga.

“Kemarin ada lagi satu tim dari Kendari dengan jumlah tujuh orang plus Kasiops dan sekarang lagi di perjalanan menuju pos dua, tim yang sudah bergeser kemarin itu kalau tidak salah ada empat atau lima tim tapi yang jelasnya tim kami yang dari basarnas berada di tim Satu,” kata Humas SAR Kendari, Wahyudi (13/03/17).

Laporan terakhir yang didapatkan oleh pihak Basarnas Kendari bahwa tim satu yang diberangkatkan sejak hari pertama operasi SAR saat ini sudah berada di Pos enam.

“Laporan terakhir yang kami dapatkan itu kemarin sore bahwa mereka sudah berada di pos enam yang seharusnya mungkin malam sudah bisa didapatkan titik korban pertama tapi faktor cuaca yang menjadi hambatan Operasi SAR.Karena memang cuaca disana kalau sudah mulai ada kabutnya pandangan cuma sekitar dua meter saja, malah kemarin kita sama sekali tidak bisa melihat apa-apa ditambah lagi hujan deras sekali,” tambahnya.

Selain pesoalan cuaca pihaknya juga mengaku kesulitan untuk berkomunikasi dengan tim satu yang terakhir laporannya sudah berada di pos enam.

“Sekarang masalahnya komunikasinya kita tidak ada sampai di atas yang di Pos enam itu karena komunikasi kemarin hanya sampai di pos empat, yang ada komunikasi itu di posko bawah, pos dua sama pos empat karena kita dibantu teman-teman dari ORARI, jadi kalau dari posko mau bicara ke pos empat itu harus direlay dari pos dua, kita bicara dulu di pos dua, pos dua disambung ke pos empat,” imbuhnya.

“Kami belum tahu apakah sekarang sudah ditambah lagi yang sudah sampai di pos enam, kami belum tahu apakah korbannya sudah ditemukan sekarang atau belum karena kami sudah beberapa kali coba menghubungi korposnya disana tapi tidak bisa tersambung. Jadi saya belum tau apakah mereka sudah ditemukan atau bagaimana kita belum tau kecuali dari teman-teman sudah melaporkan baru kita bisa keluarkan pernyataan,” tukasnya

Untuk saat ini pihaknya masih menunggu laporan perkembangan terbaru dari tim yang sudah berada di titik korban. (B)