Pemusnah Sampah B3  Wajib Difungsikan
Keterangan Gambar :

Pemusnah Sampah B3 Wajib Difungsikan

74 views
0

Kendari – Radarsultra.co.id– Pemusnah sampah B3 (Bahan Buangan Berbahaya) wajib difungsikan di setiap industri medis termasuk rumah sakit dan industri obat-obatan. Perlakuan khusus pada jenis sampah B3 ini dilakukan dengan proses pembakaran didalam wadah khusus tertutup dengan temperatur mencapai 600 – 1200 derajat celcius, sehingga material sampah tersebut hancur menjadi abu.

“Incenerator ini berfungsi memusnahkan partikel berbahaya yang terkandung di dalam limbah obat atau sisa penindakan operasi. Jadi dengan standar suhu pembakaran yang tinggi ini bisa mencegah bakteri berbahaya atau kuman penyakit menginfeksi lingkungan kita,’’ ujar Kepala Bidang Persampahan Dinas Kebersihan Kota Kendari, Tajwid, Senin (9/1/2017)

Dikatakan, untuk sampah B3 yang dihasilkan dari beberapa Rumah Sakit di Kota Kendari, sudah memenuhi uji kelayakan dari Dinas Kebersihan setempat.

Namun, Tajwid meghimbau, agar masyarakat jeli membedakan kategori sampah B3, anorganik yang layak didaur ulang, serta sampah organik yang terurai didalam tanah.

“Di Rumah Sakit Kendari, penanganan sampah B3 ini sudah sesuai SOP, yang perlu diketahui untuk masyarakat umum, ataupun industri, sampah rumah tangga B3 yang mengandung bahan kimia wajib di pisahkan. Karena tim kebersihan kami yang selanjutnya menampung di landfill kami, lalu kita lanjutkan dengan prosedur pemusnahan menggunakan insenerator tadi.,’’ jelas Tajwid. (C )

About author

Alifiandra Lala

Reporters. Graduated from faculty of science admnstrasi, Haluoleo University, Southeast Sulawesi. Stay on city of Kendari, Southeast Sulawesi. Street in Supu Yusuf 2. I love traveling, writing, poetry and singing. I am very pleased to have the opportunity to work in radarsultra.co.id. Thank you for the trust and the opportunity that has been given.