Pemkot Kendari Resmi Luncurkan Ambulance ‘Si Tampan’
Keterangan Gambar :

Pemkot Kendari Resmi Luncurkan Ambulance ‘Si Tampan’

11 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari secara resmi meluncurkan layanan Public Safety Centre (PSC) 119 Si Tampan Ambulance.

Layanan PSC 119 tersebut diluncurkan langsung oleh Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Hj. Nahwa Umar yang bertempat di ruang pola Kantor Wali Kota Kendari, Selasa, (27/08/2019).

Nahwa Umar menjelaskan, PSC 119 merupakan sebuah layanan emergency medic dengan menggunakan kode akses 119 atau nomor 0811 402 119 yang kini sudah dapat digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

“PSC merupakan amanah dari instruksi presiden nomor 4 tahun 2013 yang menyatakan bahwa seluruh kabupaten dan kota di Indonesia harus memiliki PSC sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan disuatu daerah” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengungkapkan, PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan yang dibangun untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.

“PSC 199 dibentuk untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera” ungkapnya.

Ada lima tugas pokok dari layanan Si Tampan, yaitu memberikan tindakan pertama pada kasus kegawatdaruratan, evakuasi pasien dari tempat kejadian ke tempat pelayanan kesehatan, pemberian infornasi kesehatan, pelayanan antar jemput khususnya pasien ibu hamil/melahirkan serta mengkoordinasikan dengan pelayanan kesehatan.