Pemkot Kendari Perkenalkan Aplikasi E-Proksi
Keterangan Gambar :

Pemkot Kendari Perkenalkan Aplikasi E-Proksi

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memperkenalkan aplikasi E-Proksi.

Aplikasi tersebut ditujukan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka pencegahan sejak dini terhadap tindak pidana korupsi.

Pemkot Kendari Tambah Penyertaan Saham di Bank Sultra

Aplikasi tersebut diperkenalkan langsung oleh Sekretaris Inspektorat Kota Kendari, Eni Misni Arwati, SE., M.Si. di Kantor Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kendari, Senin, (15/09/2021).

Sebagaimana dikutip Radarsultra.co.id dari laman resmi pemerintah kota Kendari, Rabu, (15/9/2021), Eni menjelaskan, aplikasi ini dapat mencegah perilaku menyimpang yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mengontrol perilaku tidak bertanggung jawab yang dapat merusak citra dan dibawah pemerintah.

Tujuan dan harapan yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kota Kendari terkait aplikasi e-PROKSI khususnya pada OPD Inspektorat Kota Kendari adalah melakukan pencegahan sejak dini dari perilaku Korupsi maupun perilaku yang tidak bertanggungjawab yang dapat merusak citra, wibawah, maupun merusak akhlak sehingga nilai-nilai integritas terdegradasi,” kata Eni.

Dengan demikian maka harus dipastikan bahwa e-Proksi harus terintegrasi kepada seluruh OPD sehingga lebih mudah mengendalikan perilaku yang mengarah pada Korupsi, disamping itu juga menjabarkan visi misi Walikota Kendari sebagai Kota “layak huni yang berbasis ekologi, Informasi dan tekhnologi,” jelasnya.

Pemkot Kendari Bersama Stakeholder Bersinergi Percepat Pemulihan Ekonom

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Damkar, Junaidin mengatakan, Kehadiran Aplikasi E-Proksi adalah langkah maju Pemkot Kendari dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Setelah menyimak penjelasan dari pihak inspektorat, Ia berpendapat, Aplikasi E-Proksi memiliki Konsep yang sangat berguna dan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan, salah satunya dapat mencegah korupsi.

Tentu harapan kami, agar secepatnya dilaksanakan, agar semua yang menjadi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pemerintahan bisa segera teratasi,” Tandasnya

Di tempat terpisah Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE, Ak., MSA, menjelaskan, E-Proksi adalah sebuah inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintah di Kota Kendari, dilakukan dalam rangka pemantauan dan pencegahan korupsi.

Inovasi di kembangkan oleh Inspektorat Kota Kendari dengan harapan, baik ASN maupun masyarakat umum bisa memantau kinerja pemerintahan utamanya dalam hal pencegahan korupsi serta layanan publik lainnya,“Terangnya.