Pemkot Kendari Kolaborasi Bersama BI Sultra Digitalisasikan Sistem Pembayaran di Pasar Tani

Pemkot Kendari Kolaborasi Bersama BI Sultra Digitalisasikan Sistem Pembayaran di Pasar Tani

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Melalui kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), kini Pasar Tani di Kota Kendari mengalami digitalisasi sistem pembayaran.

Ketgam: Pasar Tani SIAP QRIS hasil kolaborasi Pemkot Kendari dan BI Sultra.

Dengan digitalisasi sistem pembayaran ini, masyarakat kini bisa berbelanja di pasar tani dengan lebih mudah dan efisien serta semakin aman hanya cukup dengan memanfaatkan kanal pembayaran non tunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari BI.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan, dengan dukungan dari BI, pembayaran di pasar tani kini tidak lagi secara tunai, namun melalui QRIS. Kedepannya pihaknya akan membimbing para petani untuk terbiasa memanfaatkan sistem pembayaran digital.

Mudah-mudahan nanti hal ini bisa bergulir dan bisa menjadi ekosistem baru dalam ekosistem digital yang ada di Kota Kendari,” ujarnya saat meresmikan program Pasar Tani SIAP QRIS di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kota Kendari, Kamis, (04/08/2022).

Ketgam: Pasar Tani SIAP QRIS hasil kolaborasi Pemkot Kendari dan BI Sultra.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, pasar tani sendiri telah ada diseluruh Indonesia yang diinisiasi oleh dinas pertanian kota maupun provinsi dan kedepannya BI akan terus berupaya dalam menaikkan kelas pasar tani yang sudah ada baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Kali ini kami sudah menaikkan kelas dari sisi penjualnya, bagaimana penjual sudah masuk ke ekosistem pembayaran digital melalui QRIS yang digagas oleh BI dan kedepannya masih banyak pasar tani yang akan kami digitalkan dengan QRIS,” ungkapnya.

Ketgam: Pasar Tani SIAP QRIS hasil kolaborasi Pemkot Kendari dan BI Sultra.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Kantor Pusat BI, Fitria Irmi Triswati yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, QRIS sendiri telah didukung oleh lebih dari 80 penyedia jasa pembayaran baik bank maupun non bank dan untuk mendukung penggunaan QRIS yang lancar BI melakukan penguatan sinyal di berbagai tempat.

Kita juga melakukan penguatan sinyal banyak tempat, program CSR BI juga beberapa kali menempatkan bantuan sinyal kepada tempat-tempat tertentu, seperti di pasar-pasar melalui program pasar siap QRIS, jadi kami membantu penguatan siny di beberapa pasar utama termasuk di Kendari juga,” jelasnya.

Untuk diketahui, beberapa hasil pertanian yang dipasarkan di pasar tani ini diantaranya yaitu, kacang panjang, daun singkong, kangkung, selada, sawi, terong, cabai, bawang, melon, pepaya, singkong dan beras juga tersedia.

Your email address will not be published. Required fields are marked *