Pemkot Kendari Berikan Keringanan Pajak bagi Pelaku Usaha Terdampak Covid 19
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari, H,Sulkarnain K, SE.,ME

Pemkot Kendari Berikan Keringanan Pajak bagi Pelaku Usaha Terdampak Covid 19

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, memberikan keringanan dan kemudahan untuk membantu masyarakat Kota Kendari, dengan dikeluarkanya kebijakan penundaan pembayaran dan penghapusan denda sejumlah pajak termasuk perpanjangan waktu jatuh tempo pembayaran pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Temui Para Pendemo, Wali Kota Kendari Akan Mengawal Aspirasi Mahasiswa

Kebijakan yang tertuang dalam surat keputusan Wali Kota Kendari nomor 656 tahun 2021, Wali Kota Kendari H.Sulkarnain K. mengatakan kebijakan tersebut dikeluarkan untuk memberikan keleluasan kepada masyarakat dan  para pelaku usaha untuk pemulihan ekonomi dampak pandemic Covi 19.

“Musibah pandemic Covid 19 telah mempengaruhi seluruh sendi kehidupan perekonomian kita. Katanya. Rabu (11/8/2021).

Orang nomor satu di Kota Kendari ini berharap dengan memberikan keringanan pajak tersebut, maka para pelaku usaha masih bisa bertahan dalam kesehariannya meskipun dalam kondisi yang memperihatinkan.

“Omset para pelaku usaha memang turun drastis selama pandemi, maka dengan kebijakan tersebut yang menjadi perhatian dan kepedulian pemkot kendari terhadap pelaku usaha” ucapnya.

Sambut HUT RI ke 76 Tahun, Wali Kota Kendari Ikuti Zikir dan Doa Kebangsaan

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari Sri Yusnita menjelaskan, kebijakan penundaan pembayaran dan penghapusan denda pajak diambil setelah melihat dampak pelaksanaan PPKM yang menyebabkan omset pelaku usaha menurun.

“Wali Kota memberikan kebijakan penundaan pembayaran dan penghapusan denda untuk pajak hotel, rumah kos, reklame, restoran, hiburan, pajak parkir dan pajak air tanah untuk masa pajak bulan Juli 2021 dan Agustus 2021. Penundaan tersebut diberi batas waktu penyetoran pajak terutang kedua masa pajak tersebut pada tanggal 30 November 2021,” jelasnya.

Untuk mendapatkan penundaan pembayaran pajak dan penghapusan denda tersebut, wajib pajak (pelaku usaha) bersurat ke Bapenda Kota Kendari dengan melampirkan dokumen yang menjadi syarat/ketentuan sesuai SK Wali Kota No. 656 tentang penundaan pembayaran pajak dan penghapusan denda untuk masa pajak Juli dan Agustus 2021.

Tak hanya itu wali kota Kendari melalui SK nomor 657 tahun 2021 juga melakukan perpanjangan tanggal jatuh tempo Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari tanggal 30 September 2021 menjadi 30 November 2021.

 

 

 

About author