Pemerintah Gencar Sosialisaskan Vaksinasi dan Prokes Covid-19 Untuk Nelayan
Keterangan Gambar : KKP lakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 keseluruh lapisan masyarakat termasuk para nelayan.

Pemerintah Gencar Sosialisaskan Vaksinasi dan Prokes Covid-19 Untuk Nelayan

0

Jakarta, Radarsultra.co.id – Pemerintah RI melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI terus gencar melakukan sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19 keseluruh lapisan masyarakat termasuk para nelayan.

Ketgam: KKP lakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 keseluruh lapisan masyarakat termasuk para nelayan.

Hal ini dilakukan agar para nelayan dapat memahami pentingnya vaksinasi dan juga penerapan protokol kesehatan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya untuk masyarakat pesisir dan para nelayan.

Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Muhammad Zaini Hanafi mengatakan, pihaknya terus aktif melakukan sosialisasi kepada para nelayan yang kebanyakan tinggal di daerah pesisir agar dalam beraktivitas tetap menerapkan protokol kesehatan. Dimana akses bagi pemerintah untuk ke pemukiman nelayan yang tinggal di pesisir agak sulit sehingga diperlukan pihak-pihak yang juga peduli agar bisa memutus rantai covid-19.

Kita tidak tahu kapan covid-19 in berakhir, sehingga kita juga terus melakukan sosialisasi kepada nelayan bahwa penerapan protokol kesehatan sangatlah penting, jangan sampai nelayan kita juga abai,” ujarnya dalam acara dialog KPCPEN secara daring, Kamis, (30/09/2021).

Sosialisasi tersebut berjalan dengan baik dan terbukti dengan terselenggaranya vaksinasi di beberapa pelabuhan dan daerah pesisir .

Tidak cuma vaksinasi, setelah itu kita juga berikan bantuan berupa sembako,” ungkapnya.

Selain bantuan, lanjut Zaini Hanafi, pihaknya juga melakukan pemberdayaan kepada para nelayan, dengan cara salah satu keluarga nelayan baik istri dan anak dibekali dengan keterampilan sehingga bisa menutupi kebutuhannya saat para kepala keluarga tidak melaut.

Untuk bantuan kepada nelayan kita juga terus lakukan, contonya peningkatan usaha nelayan melalui kelembagaan jadi kita imbau semua harus memiliki lembaga atau semacam koperasi sehingga mereka bisa mengembangkan usahanya,” jelas Zaini.