Pemda Siap Luncurkan Branding Wakatobi Nike Jadi Ikon Wisata Budaya
Keterangan Gambar :

Pemda Siap Luncurkan Branding Wakatobi Nike Jadi Ikon Wisata Budaya

259 views
0

Wakatobi, Radarsultra.co.Id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi dalam waktu dekat akan meluncurkan branding Wakatobi Nike sebagai label salah satu kerajinan tenun batik khas Wakatobi yang saat ini semakin sedikit peminatnya.

Padahal bila dipromosikan tenun lokal ini bisa bernilai lebih dan mampu mendorong wisata budaya di Kabupaten dengan 10 top destinasinya ini. Demikian dijelaskan Wakil Bupati, Ilmiati Daud, ditemui diruang kerjanya, Kamis(2/2).

“Awalnya ide ini muncul saat salah satu tariannya yaitu tari Lariangi diperkenalkan oleh mantan Bupati lama Hugua sekaligus diusulkan menjadi warisan budaya. Saya chat dengan teman saya dan dia kaget melihat dan mengusulkan agar kearifan lokal itu dibuatkan dalam bentuk tenun batik,” ujarnya.

Hasil tenunan itu menurut mantan staf BKD Provinsi Sultra ini mencengangkan, bahkan diluar dugaan sebelumnya jika akan menghasilkan karya indah dan karya tenun itu telah diperkenalkan kepada pihak kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat kunjungan di Wakatobi beberapa hari lalu.

“Bahkan kita sudah ditawari salah satu perusahaan BUMN agar mangambil produk ini. Namun kita belum terpikir kesana. Bayangkan saja itu baru satu yang kita tayangkan dan kalau semua budaya Wakatobi ini kita buat dalam motif batik maka tentu karya masyarakat ini akan dikenal lebih luas,’’ urai Ilmiati.

Namun selain itu kehadiran tenun batik dengan beragam motif batik dan coraknya yang berbeda-beda tanpa sadar bisa memperkaya wisata budaya serta kembali menjual nama Wakatobi ini di seantero Nusantara dengan berbagai ke khasannya.

“Yang kita rencanakan ada branding dan kami temukan nama Wakatobi Nike cocok mengantar wisata budaya tenun batik ini. Maka kedepannya bukan hanya Lariangi yang akan ditampilkan sebagai motif namun kita juga usulkan ada motif tari sajomoane, Kansoda dan tari Balumpa,’’ paparnya.

Keempat latar budaya itu mewakili karya empat pulau yang mewakili nama Wakatob. Sehingga tanpa promosi dengan tulisan nama Wakatobi setiap pulaunya akan mudah dikenali lewat ciri khas motif tenun batik yang rencananya akan menjadi sajian para tamu wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Hasil tenunan motif Kansoda’a dengan ciri khas bambu didesainnya itu mewakili Wangi-Wangi dan untuk Kaledupa motif tari laringi dengan ciri khas pembuat tenun. Sementara untuk Tomia ada motif tari sajomoane serta di Binongko motifnya tari Balumpa. Semua motif ini nantinya akan memakai branding Wakatobi Nike,’’ rincinya seraya menunjuk foto hasil tenunan dengan motif tari Lariangi yang dipajang di ruangannya. ( C )

About author