Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Butur di 2022 Fokus Pada Peningkatan Jalan, Telekomunikasi dan Bandara
Keterangan Gambar : Pelaksanaan Forum Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Bappeda, Kabupaten Butur, Senin, 15 Maret 2021.

Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Butur di 2022 Fokus Pada Peningkatan Jalan, Telekomunikasi dan Bandara

0

Butur, Radarsultra.co.id – Program pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) di bawah kepemimpinan Bupati  Butur, Drs.H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. dan Wakil Bupati, Kompol. Purn. Ahali, pada 2022 mendatang akan terfokus pada peningkatan infrastruktur jalan, telekomunikasi dan Bandara.

Ketgam: Pelaksanaan Forum Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Bappeda, Kabupaten Butur, Senin, 15 Maret 2021.

Hal tersebut disampaikan Bupati Butur, Ridwan Zakariah dalam Forum Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Bappeda, Kabupaten Butur, Senin, 15 Maret 2021.

Untuk peningkatan infrastruktur jalan, Bupati menjabarkan beberapa target diantaranya pengerjaan jalan Kecamatan Wakorumba Utara sampai jalan Waode Buri Kecamatan Kulisusu Utara dan jalan lingkar menuju bandara udara di Kecamatan Kulisusu bagian selatan.

Terkait sumber anggaran, khususnya pengerjaan jalan Labuan dan jalan lingkar menuju Bandara, Bupati mengatakan telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan mengusulkan pendanaan dari APBN.

“Dengan anggaran 164,5 miliar saya kira cukup besar. Namun dengan bencana pandemi covid-19 ini mungkin pemerintah pusat ada pertimbangan lain. Walaupun tertunda atau bertahap itu pasti selesai,” kata Ridwan dalam sambutannya di Forum Lintas OPD.

Begitu juga dengan pembangunan Bandara, Bupati meyakini sumber anggaran akan melalui APBN, meskipun demikian, pihaknya menyebutkan harus ada persiapan anggaran APBD.

“Khusus untuk Bandar Udara apakah nanti pendanaan lewat APBD tapi pasti lewat APBN, tapi harus ada dana sampingan dari Pemda karena kita butuh lahan kurang lebih 50 (lima puluh) sampai 60 (enam puluh) hektare, begitu lahan tersedia harus di persiapkan dengan APBD,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Bupati Butur 2 (dua) periode itu juga menyebutkan rencana peningkatan jalan provinsi yang menghubungkan 5 (lima) Kecamatan sesuai kewenangan yang dapat ditangani oleh daerah melalui APBD.

Begitu juga layanan dasar lainnya seperti peningkatan pelabuhan Lelamo Kulisusu Utara, peningkatan kualitas perumahan masyarakat khususnya rumah tidak layak huni, layanan air bersih, pembangunan irigasi untuk mendukung produksi pertanian, juga peningkatan jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Kabupaten Butur, khususnya di kecamatan Kambowa dan Wakorumba Utara.

“Di daerah-daerah tertentu ini kita juga sangat prihatin, kita berkomunikasi sangat sulit, kalau kita hubungi mereka harus mencari titik tertentu untuk mendapatkan sinyal. Untuk itu saya sudah ke Jakarta baru-baru ini saya sudah rintis (jaringan telekomunikasi),” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Butur, Harmin Hari mengungkapkan pihaknya diberi target 5 (lima) tahun untuk menyelesaikan pembangunan Bandara di Kecamatan Kulisusu bagian selatan.

“Pembangunan Bandar Udara ini sangat penting dan strategis meningkatkan mobilitas masyarakat Butur dan masyarakat lain dari luar daerah ke Butur. Selama ini tamu kita atau pejabat yang ke Butur berpikir panjang karena harus nginap di Butur baru balik ketempat asalnya. Dengan adanya bandara ini maka tamu kita dari jakarta akan bisa kembali ke jakarta dalam waktu 1 hari,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, peningkatan infrastruktur jalan, pelabuhan dan pembangunan Bandar Udara juga membuka keran mobilitas barang dan jasa yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi di Kabupaten Butur.