Pedagang PSW Desak Kasat Pol PP Gusur Pasar Panjang
Keterangan Gambar :

Pedagang PSW Desak Kasat Pol PP Gusur Pasar Panjang

Editors choice
70 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kurang lebih dua bulan pasar sentral Wua-wua ditempati oleh para pedagang, namun sampai saat ini pasar moderen tersebut masih sepi pengunjung. Para pedagang menduga hal tersebut dikarenakan masih eksisnya pasar panjang yang masih menarik banyak pembeli dan pengunjung.

Hal tersebut juga sontak menarik minat para pedagang untuk kembali membangun di pasar panjang yang telah digusur beberapa bulan lalu.

Atas dugaan itu, para pedagang pasar Wua-wua (PSW) mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari khususnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk bertindak tegas dengan menggusur pasar panjang yang tidak memiliki izin dan telah merugikan pedagang di pasar sentral Wua-wua.

“Pedagang di pasar panjang sampai saat ini kami masih sepi pengunjung dan itu sangat merugikan kami, hal itu dikarenakan masih adanya pedagang di pasar panjang jadi kami harap kepada pemerintah Kota Kendari untuk bertindak tegas dengan menggusur para pedagang yang masih berdagang di pasar panjang itu,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Pol PP Kota Kendari, Amir Hasan mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penertiban setelah mendapatkan kesepakatan dari si pemilik pasar dalam hal ini ibu Lilis.

“Kami sudah menghubungi ibu lilis yang saat ini ada di Makassar, dan kami minta sama beliau untuk segera hadir dulu di Kendari terkait para pedagang yang masih bertahan di pasar panjang, dan kami minta waktu satu minggu untuk melaksanakan tugas penggusuran itu,” katanya.

Pasar panjang diketahui hanyalah tempat penampungan sementara pedang pasar baru yang terbakar pada tahun 2010 lalu.

Pasca terbakarnya pasar baru, kemudian dibangunlah pasar sentral moderen yang saat ini menjadi pasar Sentral Wua-wua. (A )