Parinringi; Tingkatkan Pelayanan Dasar di Desa
Keterangan Gambar :

Parinringi; Tingkatkan Pelayanan Dasar di Desa

93 views
0

Konawe – radarsultra.co.id Wakil Bupati Konawe, Parinringi mengimbau kepada seluruh pemerintah desa (Pemdes) untuk meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat.

Hal itu dikatakannya saat melantik Kepala Desa Lalonggombuno Kecamatan Kapoyala, Hj Jasmin di aula Sekretariat Pemkab Konawe belum lama ini.

“Jaga stabilitas sosial di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Parinringi mengatakan,  pemerintah desa sedianya harus terus berkoordinasi kepada Pemkab. Supaya segala kebijakannya dapat sinergi dengan program Pemkab.

Meski program-programnya desa telah diatur pada RPJM-Des melalui musyawarah dan mufakat. Namun hal ini harus tetap pada kooridor RPJMD kabupaten.

“Karena Pemkab dan Pemdes merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Apalagi Pemkab selalu mendukung kegiatan di desa dengan menglokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) yang sumbernya dari APBD,” jelasnya.

Ia juga mewanti-wanti kepada 270 desa di Kabupaten Konawe penerima Dana Desa (DD) supaya berhati-hati dalam menjalankan programnya.

Menurutnya, dana yang digelontorkan pemerintah pusat cukup besar. Namun resikonya juga besar.

Untuk itu, lanjut ia, desa segera menyusun Juklak dan Juknis dan berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten. Sebagai rambu dalam merealisasi program dan pembiayaannya.

“Ini hanya semacam sugesti. Karena pemeriksaannya langsung oleh BPK RI,” tuturnya.

Pelantikan Desa Lalonggombuno merupakan pelantikan terakhir dari 172 desa yang mengikuti Pilkdes 2016 lalu dilingkup Pemkab setempat. Desa tersebut telat dilantik karena dalam proses pemilihan terjadi polemik. Sehingga terjadi gugat menggugat. (c)

About author