Panwaslu Rekomendasi  PSU  di 1 TPS
Keterangan Gambar :

Panwaslu Rekomendasi PSU di 1 TPS

Editors choice
720 views
1

Kolaka Utara, Radarsultra.co.id — Banyaknya laporan kecurangan dan pelanggaran dalam Pilkada Kolut yang masuk, akhirnya Panwaslu Kolut merekomendasikan ke KPU Kolut untuk diadakan pemungutan suara ulang (PSU)

“Rekomendasi Panwas itu wajib untuk ditindaklanjuti, bukan wajib dilaksanakan, jadi pemahamannya wajib ditindak lanjuti dalam bentuk apapun. Nah itulah yang kami godok mulai pagi tadi sampai pukul 13.00 untuk membahas rekomendasi Panwas ,” ujar Ketua KPU Kolut Asriadi di Kantor KPU,, Rabu (22/2/2017)

Menindaklanjuti rekomendasi tersebut kata Asriadi pihaknya telah melaksanakan pleno. Karena menurut Panwaslu memang ada pelanggaran khususnya di TPS 1 di Desa Ujung Tobaku, Kecamatan Katoi, itu terbukti hanya dari sudut materilnya dan memenuhi syarat untuk dilakukan PSU.

‘’Tetapi kalau kami melihat dari kacamata KPU berdasarkan peraturan-peraturan yang ada UU nomor 1 tahun 2014/ 2015 pasal 112 dan PKPU nomor 10 tahun 2015 pasal 59 dan pasal 60 itu tidak tersirat formil untuk dilakukan PSU,’’ urainya.

Jadi memang katanya ada mis komunikasi terkait pemahaman antara Panwas dengan KPU, jadi KPU melihat bahwa untk PSU itu diatur didalam pasal-pasal tertentu yang mempunyai ikatan kesatuan yang tidak bisa terpisahkan.

Sementara Ketua Panwas Kolut , Ajmal Arif membenarkan adanya surat rekomdasikan untuk KPU Kolut untuk melakukan PSU di TPS 1 Desa Ujung Tobaku rekomendasi itu keluar.

Berdasarkan hasil kajian Panwas Kolut saat dilakukan pembukaan peti kotak suara ditemukan ada sekitar 52 surat suara yang sudah ditandai oleh petugas atau penyelengara di KPPS, sehingga Panwas mengambil kesimpulan suara tersebut rusak.

‘’Jadi berdasarkan peraturan perundang-undangan kami merekomendasikan untuk PSU. Panwas masih dalami sentra Gakumdu karena disitu ada potensi pidana maka sentra penegakan hukum terpadu panwas kolut terus mendalami kasus ini dan akan memangil pihak yang terkait untuk diklarifikasi,’’ katanya.

Surat rekomendasi yang kami keluarkan ke KPU pada hari Selasa tertanggal 21 Februari 2017, bernomor : 79/BAWASLU-PROV.SG-08/PM.06.02/02/2017, surat rekomendasi PSU, sifatnya penting dan segera ( B).

About author