Panwaslu Kendari Terapkan Pengawasan Pilkada Berbasis IT
Keterangan Gambar :

Panwaslu Kendari Terapkan Pengawasan Pilkada Berbasis IT

134 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Selain pengawasan secara manual, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari akan menambahkan penerapan sistem pengawasan berbasis IT dalam Pilkada serentak yang akan dilakukan pada tanggal 15 februari 2017.

Pengawasan berbasis IT tersebut dilakukan dalam bentuk perekaman video oleh petugas panwaslu selama pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlangsung yang terbagi dalam beberapa sesi sesuai tahapan pemilihan nanti.

Ketua Panwaslu Kendari, Alasman Mpesau mengatakan, sistem pengawasan tersebut merupakan sebuah terobosan baru dalam pilkada dan pertama kali diterapkan diseluruh Indonesia dalam Pilkada serempak 15 Februari 2017.

“Kenapa kami memilih video, karena dari segi kekuatan pembuktian foto itu lebih mudah diedit, karena itu perekaman video yang dilakukan panwas itu akan benar-benar original” ujarnya saat diwawancarai oleh Radarsultra.co.id di Kantor Panwaslu Kendari, jumat, (10/2)

Alasman juga menambahkan bahwa untuk semakin memantapkan pengawasan berbasis IT tersebut, Panwaslu Kendari telah melakukan bimbingan teknis serta pelatihan kepada seluruh petugas panwas ditiap kecamatan di Kota Kendari.

“Kalau dari kesiapannya, untuk petugas yang telah melakukan pelatihan itu mereka telah 100 persen siap” tambahnya.

Terobosan berbasih IT tersebut merupakan perwujudan Bawaslu RI dalam mengikuti perkembangan dunia teknologi yang semakin maju sehingga bentuk pengawasan harus semakin inovatif.

Hasil dari pengawasn melalui perekaman video tersebut akan diupload ke Bawaslu RI dengan aplikasi yang telah disiapkan oleh Bawaslu RI yang nantinya akan dapat diakses oleh seluruh masyarakan Indonesia bahkan dunia melalui situs resmi Bawaslu RI. (C )