Pakar Pendidikan Sultra : UNBK Menaikkan Integritas Pendidikan di Sultra
Keterangan Gambar :

Pakar Pendidikan Sultra : UNBK Menaikkan Integritas Pendidikan di Sultra

71 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id- Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) kini telah masuk pada rana pendidikan di Sultra. Sebagian sekolah melakukan UNKP dan yang lainnya telah melakukan UNBK, dan ini dikatakan akan menaikkan integritas pendidikan di Sultra.

Pakar pendidikan Sultra, Prof. Abdullah Al- Hadzah mengatakan bahwa UNBK akan menaikkan kualitas pendidikan juga akan menjaga kejujuran atau integritas dikalangan siswa dan siswi.

“Ketika orang tua di suruh memilih anaknya pintar tapi kebohongan atau anaknya tidak terlalu pintar tetapi jujur. Makanya orang tua pasti akan memilih yang kedua, sebab kepintaran dan kecerdasan memang bagus, tetapi jauh lebih bagus lagi kejujuran,” ungkap Pakar pendidikan Sultra Prof. Abdullah Al – Hadzah beberapa waktu lalu.

Di Sultra dari 1.593 sekolah hanya 54 sekolah yang melaksanakan UNBK. Dan melihat jumlah di Sultra yang masih sangat sedikit melakukan UNBK, seharusnya tidak memiliki alasan untuk tidak melaksanakan ketika komputer menjadi alasan.

“UNBK sebenarnya tidak harus komplete perangkatnya sebab bisa bergilir. Bisa dilakukan dalam tiga sesi, bisa dari pagi sampai sore secara bergilir,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa adapun masalah keamanannya soal itu aman, sebab siswa-siswi tidak mungkin mengingat soal-soalnya.

“Tidak mungkin memfoto, mengkopy sebab mereka akan kehilangan waktunya. 1 soal telah diatur hanya 30 detik, ketika dia bermain-main atau mau mencontek mereka akan rugi sendiri. Sehingga tingkat kebocoran dan kecurangan sangat kecil,” tambahnya.

Ia berharap kedepannya tidak ada lagi alasan untuk tidak melaksanakan UNBK, terkecuali jaringan internet belum ada di daerah tersebut.(C)

About author