Optimalkan Gerakan Hidup Sehat, Pemkot Kendari Gelar Koordinasi Lintas Sektor
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, dalam acara Koordinasi Germas linkup Pemkot Kendari

Optimalkan Gerakan Hidup Sehat, Pemkot Kendari Gelar Koordinasi Lintas Sektor

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Untuk mengoptimalisasikan  Gerakan masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Kesehatan Kota Kendari gelar Koordinasi lintas sektor dalam mendukung regulasi / implementasi Germas, di salah satu hotel di Kota Kendari, dan turut hadir Ketua PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, Pimpinan OPD dan seluruh Camat Se Kota Kendari, Rabu (7/10/20).

Ketga,m: Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, bersama Ketua PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain

Koordinasi lintas sektor tersebut mengusung Tema GERMAS dengan lima klaster yaitu Peningkatan Aktifitas Fisik, Peningkatan Pangan Sehat, Peningkatan Edukasi & Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Pencegahan & deteksi dini penyakit, dan Peningkatan Kualitas Lingkungan.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh aparatlingkut Pemkot Kendari untuk terus melakukan pola hidup sehat di lingkungannya kerjanya masing-masing agar masyarakat juga dapat melakukan hal serupa dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang harus kita lakukan pertama kali adalah bagaimana diri kita masing-masing, kemudian kita mengajak lingkungan sekitar kita, wilayah yang ada dalam tanggung jawab kita, kemudian kita dorong untuk melakukan hal tersebut. Sehingga pada akhirnya masyarakat akan bersama-sama melakukan hal yang sama sebagaimana yang kita lakukan dan kita himbaukan kepada masyarakat”, terangnya.

Lanjutnya, Sulkarnain juga berharap agar dengan diadakannya pertemuan ini, akan menumbuhkan kesadaran, tanggung jawab, komitmen yang lebih serius dan nyata untuk diterapkan dalam mewujudkan Germas.sesuai dengan instruksi Wali Kota Kendari Nomor 641 Tahun 2020 tentang Peningkatan Pelaksanaan Implementasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kota Kendari.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg.Rahminingrum mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama terkait meningkatkan partisipasi dan peran serta lintas sektor dalam rangka mendorong implementasi dan regulasi Germas Kota Kendari.

Kegiatan Pertemuan koordinasi ini diharapkan kita semua memiliki komitmen dan semangat yang sama untuk lebih mebudayakan Germas di masyarakat dan wilayah kerja kita masing-masing” Kata Rahminingrum, dikutip dari laman resmi Pemot Kendari, kendarikota.go.id.

Untuk diketahi Dinkes Kota Kendari telah menggagas pembentukan kampung GERMAS di setiap wilayah Puskesmas Kota Kendari, dimana akan terpilih 15 RT/RW yang menjadi percontohan kampung GERMAS.

About author