OJK Sultra Imbau Masyarakat Agar Mewaspadai Pinjol dan Invetasi Ilegal

OJK Sultra Imbau Masyarakat Agar Mewaspadai Pinjol dan Invetasi Ilegal

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra), Arjaya Dwi Raya, menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan mewaspadai pinjaman online (pinjol) dan investasi ilegal yang dilakukan secara digital.

Ketgam: Kegiatan Bijak OJK Sultra dengan mengangkat tema “Bijak Berhutang dan Waspada Penipuan Yang Berkedok Investasi”.

Hal tersebut diungkapkannya dalam kegiatan Bicang Jasa Keuangan (BIJAK) Dengan mengangkat tema “Bijak Berhutang dan Waspada Penipuan Yang Berkedok Investasi” yang dilaksanakan di Gedung Learning Center OJK Sultra, diikuti oleh 40 insan media lokal, baik elektronik, cetak dan online dengan menghadirkan narasumber dari OJK dan Anggota Satgas Waspada Investasi Ilegal (SWI), yaitu Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sultra, Jum’at, (25/11/2022).

Perkembangan teknologi dibidang jasa keuangan harus disikapi dengan bijak dan hati-hati sebab masih marak penawaran pinjol dan investasi illegal yang dilakukan secara digital,” ujar Arjaya.

Untuk itu, lanjut Arjaya, menghimbau masyarakat untuk melakukan pinjaman online pada perusahaan yang telah terdaftar dan berizin di OJK dan mengenali modus social engineering yang sedang marak terjadi.

Selain itu, masyarakat dalam melakukan pinjaman online perlu memperhatikan aspek kebutuhan daripada keinginan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kanit I Subdit II Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Ditreskrimsus Polda Sultra, AKP Ahmad Fatoni menjelaskan, bahwa investasi maupun pinjaman uang secara daring harus memenuhi prinsip legal dan logis. Legal artinya punya izin resmi, sedangkan logis adalah masuk akal atas keuntungan yang ditawarkan.

Masyarakat harus memperhatikan aspek Legal dan Logis atau 2 L ini dalam melakukan investasi,” jelasnya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *