OJK Sultra Berikan Edukasi Keuangan Kepada Masyarakat Desa
Keterangan Gambar : Ketgam: Kegiatan Edukasi Keuangan di balai Desa Mekar Jaya Kec.Tiworo Tengah Kab. Muna Barat.

OJK Sultra Berikan Edukasi Keuangan Kepada Masyarakat Desa

40 views
0

Muna Barat, Radarsultra.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan edukasi keuangan kepada 74 masyarakat desa di balai Desa Mekar Jaya Kec.Tiworo Tengah Kab. Muna Barat.

Ketgam: Kegiatan Edukasi Keuangan di balai Desa Mekar Jaya Kec.Tiworo Tengah Kab. Muna Barat.

Bersama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sultra yang diwakili oleh Pegadaian, Permodalan Nasional Madani, BTPN Syariah, dan Bank Sultra, acara edukasi tersebut diselenggarakan dengan mengankat tema “Cerdas Memanfaatkan Produk Dan Layanan Keuangan di Era Keuangan Digital”.

Dalam acara tersebut, perwakilan OJK Sultra Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Achmad Zaelani, memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik dan bijak melalui rumus alokasi penghasilan sebesar 40% untuk menabung/investasi dan 60% untuk konsumsi, serta bagaimana ciri-ciri investasi ilegal yang semakin marak di masyarakat dan tips terhindar dari investasi ilegal tersebut yaitu 2L (Legal dan Logis).

“OJK juga membuka layanan informasi bagi masyarakat melalui contact center 157”, ujarnya dalam kegiatan tersebut, Jumat, (21/02/2020).

Selain itu juga dijelaskan mengenai peran OJK berdasarkan Undang – Undang Nomor 21 Tahun 2011 yaitu lembaga independen yang mempunyai fungsi dan tugas dalam Mengatur, Mengawasi sektor jasa keuangan (Perbankan, Pasar Modal, dan Industri Keuangan Non Bank), serta Melindungi (3M) konsumennya.

Kegiatan edukasi yang dilakukan OJK Sultra tersebut merupakan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sultra yang dinamakan Piket Edukasi Keuangan (PEKa) dan rutin dilaksanakan setiap tahun ke seluruh kabupaten/kota di Sultra.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Desa Mekar Jaya, La Ode Safari, Camat Toworo Tengah, La Kiro S.P, Pimpinan Kantor Upc. Pegadaian Raha, Jau Rifai, Kepala Cabang PNM Baubau, Iwan dan kepala cabang Bank Sultra Raha, I Putu Dewa Askara.