OJK Pastikan Dana Nasabah Kasus Fraud di Bank Sultra Tetap Aman

OJK Pastikan Dana Nasabah Kasus Fraud di Bank Sultra Tetap Aman

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan bahwa dana nasabah kasus fraud yang dilakukan oleh oknum pegawai Bank Sultra tetap aman.

Ketgam: Konfrensi pers OJK Sultra terkait kasus Fraud di Bank Sultra.

Sebelumnya, dana dari 105 rekening nasabah Bank Sultra dengan total nilai sebesar Rp. 1,9 miliar telah dimanipulasi oleh oknum pegawai Bank Sultra.

Rekening tersebut terdiri dari rekening pribadi, rekening sekolah, lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) serta kerja sama operasional (KSO) nasabah yang ada di Bank Sultra.

Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya mengungkapkan bahwa pihaknya memastikan tabungan nasabah dari 105 rekening tersebut tetap aman karena semua pencatatan transaksi keuangan terbuka dan bisa melalui sistem digital dan pihak bank wajib mengembalikan dana nasabah yang melapor karena merasa dirugikan dalam kasus fraud tersebut.

Pihak bank wajib melakukan pengembalian dana nasabah dan apabila tidak dilakukan maka nasabah berhak melapor ke OJK untuk kemudian ditindaklanjuti ke pihak bank,” ungkapnya dalam konfrensi pers di Kantor OJK Learning Center Sultra, Kamis, (15/9/2022).

Arjaya juga menambahkan, hingga saat ini belum ada pihak nasabah yang melakukan pelaporan terkait kasus fraud di Bank Sultra tersebut.

Sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat atau nasabah Bank Sultra,” ujarnya.

OJK juga menghimbau agar standar  prosedur (SOP) Bank Sultra untuk semakin ditingkatkan agar tidak terjadi lagi kasus-kasus yang dapat merugikan nasabah dan pihak bank, selain itu OJK juga akan terus mengawal kasus tersebut hingga tuntas dan pelaku menerima sanksi.

Kami akan tetap mengawal kasus ini sampai pelaku disidang dan dijatuhi hukuman. Agar ada efek jera,” jelasnya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *