ODP dan PDP Nol Kasus, Selangkah Lagi Butur Menjadi Zona Putih
Keterangan Gambar : Ali Badar, Juru Bicara GTC-19 Butur

ODP dan PDP Nol Kasus, Selangkah Lagi Butur Menjadi Zona Putih

804 views
1

Butur, Radarsultra.co.id – Update data sebaran kewaspadaan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Buton Utara (Butur), Selasa,  (19/05/2020) hingga kini menunjukan Butur masih berada di zona hijau (tidak ada kasus positif ataupun kasus PDP).

Adapun data sebaran kewaspadaan Covid-19 Buton Utara, Selasa, (19/5/2020), pukul 18.30 wita sebagai berikut:

-Kasus Baru ODP: Tidak ada
-Kasus Selesai Pemantauan: 1 orang dari Puskesmas Labaraga
-ODP: tidak ada
-PDP: Tidak ada
-Selesai Pemantauan PDP: Tidak ada
-OTG: Tidak ada

Sementara itu, total kasus ada 86 Kasus, dengan 85 Kasus ODP dan satu Kasus PDP. Total keluar (Sehat), ada 85 kasus ODP dan satu Kasus PDP. Jadi, untuk Butur, kasus ODP dan PDP saat ini adalah nol,” kata dr. Ali Badar selaku Juru Bicara GTC-19 Butur, Selasa (19/05/2020).

Pada umumnya, daerah yang sudah tidak memiliki kasus Covid-19 dikategorikan sebagai zona putih yang benar-benar bersih dari wabah Covid-19.

Untuk mengubah status Buton Utara dari zona hijau ke zona putih, dr. Ali mengatakan,  pihaknya masih menunggu hasil tes swab yang akan dilakukan terhadap 1 (satu) orang cluster beresiko dari KM. Lambelu inisial Tn. H warga Desa Banubanua Jaya, Kecamatan Kulisusu yang diketahui sudah sebulan lebih menumpangi kapal KM Lambelu.

Berdasarkan hasil Rapid Tes, yang dilakukan beberapa hari lalu terhadap beberapa cluster beresiko, Tn. H menunjukan hasil rapid tes yang reaktif yang kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan swab tes atau Polymerase Chain Reaction (PCR) yang rencananya akan dilakukan pada Rabu, (20/05/2020).

Yang rapid tes hasilnya reaktif, besok juga akan dilakukan rapid tes ulang. Intinya kita saat ini masih belum ada kasus berdasarkan laporan survailance. Namun, kita tunggu pemeriksaan swab kluster beresiko. Setelah swab kita akan tahu apakah tidak ada kasus atau mmg baru ditemukan kasus,” jelasnya.

Ia pun berharap agar hasil uji swab tersebut negatif.

Tentunya kita berharap semua negatif, hasil PCR dari kluster yang akan kita Swab,” tutupnya.