Nyaris Tenggelam, Basarnas Kendari Evakuasi Penumpang Kapal Pengangkut BBM
Keterangan Gambar :

Nyaris Tenggelam, Basarnas Kendari Evakuasi Penumpang Kapal Pengangkut BBM

66 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari berhasil mengevakuasi penumpang atau People on Board (POB) kapal rute Baubau – Wanci, KM. Rizky Maulana yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Tanjung Pamali, Kecamatan Sampopawa, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi mengenai kecelakaan pelayaran tersebut pada pukul 08.45 WITA, dari informasi yang didapatkan, sejak mengalami mati mesin, kapal naas tersebut mulai kemasukan air yang bisa mengakibatkan tenggelamnya kapal tersebut.

“Di dalam kapal itu ada POB 3 orang kapal itu mengalami mati mesin dan mulai kemasukan air di sekitar perairan tanjung pamali,” kata Humas SAR Kendari, Wahyudi, Jumat, (28/06/2019).

Berdasarkan informasi tersebut, Pada pukul 08.52 wita tim rescue Pos SAR Baubau dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) atau perahu karet diberangkatkan menuju Tempat Kejadian Musibah (TKM) untuk memberikan bantuan SAR.

“Estimasi perkiraan tim Rescue akan tiba di TKM pada pukul 10.15 WITA,” lanjutnya.

Sesuai perkiraan,  pada pukul 10.15 WITA Tim Rescue Pos SAR Baubau berhasil menemukan KM. Rizky Maulana di sekitar perairan tanjung pamali, Kecamatan Sampopawa, Kabupaten Buton Selatan dalam keadaan hampir seluruh bodi kapal tenggelam.

“3 (Tiga) orang POB atas nama Abdul Rahman, laki 40 tahun, Udin, laki-laki 35 tahun dan Husen, laki-laki 60 tahun berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan selanjutnya dibawa ke pelabuhan Topa Baubau,” ungkap Wahyudi.

Untuk diketahui, Kapal tersebut bermuatan BBM sebanyak 10 ton yg akan dibawa menuju Wanci dari pelabuhan Topa Baubau.