Nekat Menjambret, Mahasiswa UHO Nyaris Diamuk Masa
Keterangan Gambar :

Nekat Menjambret, Mahasiswa UHO Nyaris Diamuk Masa

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Seorang mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) nyaris diamuk masa setelah tertangkap tangan usai melakukan penjambretan di dalam lingkungan kampus UHO. Beruntung pelaku berhasil diamankan warga dan digelandang ke Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Poasia Kota Kendari untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Foto : Pelaku Jambret Agus Melat (24) saat di amankan oleh warga (Emil Rusmawansyah/Radarsultra.co.id)

Pelaku diketahui bernama Agus Melat (24) seorang mahasiswa semester 9 (Sembilan) fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), jurusan Matematika yang melakukan penjambretan terhadap seorang mahasiswi UHO atas nama Ervina.

Hal tersebut dibenarkan oleh Panit I Reskrim Poasia, Bripka. H. Iwan Yusuf. Mewakili Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Poasia, Bripka Iwan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WITA dimana pada saat itu korban sedang menggunakan Handphone (HP) sambil berjalan melintas di sekitar lahan pertanian Fakultas Pertanian (Faperta) UHO di jalan Prof. Dr. Abdurrauf Tarimana.

“Bahwa memang benar telah terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan atau jambret, dimana saudara Agus ini disangkakan telah melakukan penjambretan atau pencurian dengan kekerasan terhadap seorang mahasiswi atas nama Ervina,” kata Bripka. Iwan, Minggu (7/1/2018).

Lebih lanjut, mengenai kronologi kejadiannya, Bripka. Iwan menjelaskan, bahwa peristiwa tersebut kurang lebih terjadi pada pukul 13.00 WITA, di jalan Prof. Dr. Abdurrauf Tarimana, depan SDN 13 Poasia, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari.

“Jadi kronologis kejadiannya saat itu korban sementara berjalan sambil menelpon, tiba-tiba datang si pelaku dan langsung menyenggol korban, kemudian merampas HP milik korban dan melarikan diri. Pada saat itu, korban dengan spontan langsung berteriak dan minta tolong kepada warga yang akhirnya melakukan pengejaran terhadap pelaku, setelah tertangkap pelaku sempat diamuk masa sebelum akhirnya diamankan oleh salah satu warga dan langsung dijemput oleh anggota untuk dibawa ke Polsek,” paparnya.

Menindak lanjuti aksi penjambretan tersebut, Bripka. Iwan mengatakan, pihaknya akan melakukan pendalaman lebih lanjut terhadap pelaku, pasalnya pelaku diketahui telah melakukan aksi serupa sebanyak 2 (Dua) kali di TKP yang sama.

“Kita proses sesuai hukum yang berlaku dan kita akan kembangkan karena kita mencurigai dia ini bukan hanya satu TKPnya, bahkan ada 1 (Satu) unit motor merek Satria FU juga yang dia kuasai, setelah kita periksa ternyata motor tersebut tidak jelas surat-suratnya,” ungkapnya

Dari tangan pelaku, Pihak Kepolisian berhasil mengamankan sebuah HP merek Oppo A37F milik korban dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Agus Melat dijerat dengan pasal 365 dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara. (B)