Mentan Bersama Pangdam Tanam Bibit Jagung di Konawe Utara
Keterangan Gambar : Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat menanam bibit jagung bersama Pangdam VII Wirabuana Mayor Jendral TNI Agus Surya Bhakti di Desa Tetewatu, Kabupaten Konawe Utara, Kamis (12/1/2017).

Mentan Bersama Pangdam Tanam Bibit Jagung di Konawe Utara

191 views
0

Konawe Utara, Radarsultra.co.id – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Pangdam VII Wirabuana Mayor Jendral TNI Agus Surya Bhakti menanam bibit jagung hybrida di Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Kamis (12/01/2017).

Dalam kunjungan kerja Mentan di Sultra, Kabupaten Konut menjadi salah satu sasaran pengembangan upaya khusus (upsus) sektor pertanian dengan area lahan penanaman jagung seluas 284 hektar.

“Saya berharap Kabupaten Konut bisa menjadi lumbung pangan nasional, untuk itu saya tambahkan seluas 10000 ha untuk ditanami jagung, 2000 ha lahan sawah, 10 unit traktor 4 roda, Eksavator 1 unit dan 10 unit pompa, serta gratis pupuk dan bibit,” kata Andi Amran.
“TNI telah membuat MoU bersama mentan untuk mensukseskan program pajale (padi jagung kedelai), karena beras dan jagung merupakan komoditas paling utama, olehnya itu TNI memiliki tugas selain melindungi musuh, juga ikut serta membantu ketahanan pangan indonesia, mewujudkan swasembada pangan, memerangi kemalasan, membuka lahan-lahan tidur,” kata Agus.

Masih kata dia, dengan TNI ikut menanam akan merangsang para petani untuk mengembangkan sektor pertanian, TNI juga akan mengawal masalah distribusi pupuk dan menargetkan indonesia untuk tidak lagi mengimpor jagung.

“Tantangan dan ancaman Indonesia kedepan mulai dari pangan,energi dan perairan akan dipecah oleh orang lain, oleh karena itu mari kita bersatu mulai dari pengembangan sektor pertanian demi ketahanan pangan Indonesia,” ungkap Agus.

Sementara itu, Bupati Konut Ruksamin mengatakan akan membuat perda untuk setiap dinas wajib menanam jagung sehingga cita-cita menjadikan Kabupaten Konut menjadi lumbung pangan nasional dapat terwujud, melihat luas wilayah Konut 500.339 ha masih banyak lahan-lahan kosong yang dapat ditanami jagung.

About author

andi nur aisyah

My nickname icha, i was born on October 21, 1990