Mensos : Pendidikan Harus Ciptakan Daya Saing dan Etos Kerja
Keterangan Gambar :

Mensos : Pendidikan Harus Ciptakan Daya Saing dan Etos Kerja

63 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id- Menteri Sosial  ( Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan dalam menangani masalah kemiskinan, pendidikan harus menciptakan daya saing serta etos kerja bagi seseorang.

“Pendidikan memang nomor satu bagi seluruh masyarakat, tetapi bagaimana pendidikan harus memberdayakan. Sebab dalam menangani kemiskinan, kita harus siap untuk berdaya saing, dan berkompetisi, sehingga pendidikan harus melahirkan produktivitas yang akan mendorong etos kerja,” ungkap Mensos RI Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu saat kunker ke IAIN Kendari, Jumat (14/4/2017).

Ia mengatakan saat ini masyarakat selalu bersama, bergandengan tangan dalam segala hal. Namun hal itu menciptakan sikap saling mengikut.

“Saya selalu mengingatkan, kita selalu bergandengan tangan dan saat itu pula kita saling mengikut. Tetapi sebenarnya itulah esensi daya saing, kompetisi, sebab saat itu patnership di bangun, pengertian dibangun, kepekaan pun terbangun. Namun, ingatlah berkompetisi bukan dengan modal dengkul saja, tetapi suatu kerjasama melahirkan inovasi yang baru yang memiliki daya saing,” katanya.

Maka selain pendidikan, etos kerja dan pendidikan harus terbangun dan tercipta. Bagaimana kita membangun hubungan terpadu tidak sendiri-sendiri, mengatasi kemiskinan dan ketimpangan yang merupakan menjadi PR kita semua.

“Bagaimana 5,9 juta warga terpapar narkoba, 72 triliun dana masyarakat dipakai beli narkoba. Andai dana sebesar 72 triliun tersebut di pakai untuk dana pendidikan dan penyelenggaraan bidang kesejahteraan sosial,” jelasnya.

Khofifah berharap endingnya adalah bagiamana kita bersama-sama untuk melihat kebutuhan dalam partisiasi kampus untuk membangun seluruh percepatan kesejahteraan sosial di Indonesia.(C)

About author