Menaker RI Upayakan Kenaikan Status BLK Kendari
Keterangan Gambar : Menaker Ida Fauziah didampingi Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu saat mengecek aset hibah dari Pemprov Sultra.

Menaker RI Upayakan Kenaikan Status BLK Kendari

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziah mengatakan bahwa pihakknya akan mengupayakan kenaikan status Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menjadi BLK bertaraf Internasional.

Ketgam: Penandatangan penyerahan aset hibah Pemprov Sultra kepada Kemenaker RI.

Hal tersebut diungkapkannya saat berkunjung di BLK Kendari dalam rangka menghadiri penyerahan tanah dan bangunan hibah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, di Kendari, Jumat, (26/11/2021).

Mudah-mudahan kita bisa meningkatkan status BLK ini, dan harapannya pemprov ini kan menjadi BLK yang standar internasional,” ungkap Ida Fauziah.

Untuk tujuan tersebut, lanjut Ida, perlu disiapkan berbagai hal mulai dari fasilitas sarana dan prasarana yang memenuhi syarat status balai besar, termasuk perluasan BLK Kendari yang direncanakan dimulai di 2022.

Setelah semua itu baru kita ajukan ke Kementerian PAN-RB, jadi proses untuk menjadi balai besar bukan ada di Kemenaker tapi di KemenPan-RB,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan, dengan adanya penyerahan aset hibah dari Pemprov ini, maka sudah memungkinkan bagi BLK Kendari untuk melakukan beberapa persiapan untuk membangun termasuk menjawab kebutuhan masyarakat Sultra terkait dengan keterampilan calon angkatan kerja Sultra dibidang otomotif alat berat, meliputi operator dan mekanik.

InsyaAllah di awal 2022, pertama kita penyeragaman pagar (aset hibah) di depan, kedua pembangunan sarana prasarana baru, sudah kita anggarkan oleh pusat,” ujarnya.