Lima Kabupaten di Sultra Masuk Target Upgrade Layanan Jaringan 3G Ke 4G/LTE Telkomsel

Lima Kabupaten di Sultra Masuk Target Upgrade Layanan Jaringan 3G Ke 4G/LTE Telkomsel

17 views
0

Jakarta, Radarsultra.co.id – Telkomsel akan melakukan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir 2022 nanti.

Ketgam: Telkomsel akan memulai proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia sepanjang tahun 2022.(Foto: Telkomsel)

Proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE tersebut akan dilakukan secara berkala, dengan tahap pertama di mulai pada bulan Maret hingga Mei 2022 di 90 kota/kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan. Sedangkan untuk tahap berikutnya akan dilanjutkan upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE di 132 kota/kabupaten pada bulan Juni hingga Juli 2022, kemudian 178 kota/kabupaten di bulan Agustus hingga Oktober 2022, dan 104 kota/kabupaten pada bulan November sampai dengan Desember 2022.

Untuk di Sulawesi Tenggara (Sultra), tahap pertama akan dilakukan di lima Kabupaten yakni, Kolaka Utara (Kecamatan Batu Putih, Katoi, Kodeoha, Ngapa, Pakue Utara, Ranteangin, Wantunohu, Wawo), Konawe (Kecamatan Abuki, Amonggedo, Anggaberi, Besulutu, Konawe, Lalonggasumeeto, Lambuya, Onembute, Sampara, Soropia, Tongauna, Uepai, Wawatobi, Wonggeduku Barat), Konawe Selatan (Kecamatan Angata, Baito, Lalembuu, Moramo, Pallanga Selatan), Konawe Utara (Kecamatan Motui, Sawa), Muna Barat (Kecamatan Tiworo Selatan, Tiworo Tengah, Wa Daga).

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia, dan ditargetkan selesai pada Mei 2022 sebelum kemudian dilanjutkan pada upgrade tahap kedua.

“Melalui pemerataan jaringan broadband terdepan ini, akan ada semakin banyak kesempatan yang terbuka bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati dan memaksimalkan pengalaman akses broadband 4G/LTE yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan, baik dalam memaksimalkan aktivitas digital sehari-hari maupun mengakselerasi transformasi digital di dalam mendukung aktivitas bisnis hingga tingkat masyarakat di pelosok negeri,” katanya dalam siaran pers Telkomsel, Jumat, (25/03/2022).

Selain itu, lanjut Nugroho, guna memastikan kelancaran proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini, Telkomsel sendiri telah memulai proses persiapan sejak 2021 lalu, dengan sukses melakukan penataan ulang (refarming) pita frekuensi 2.3 GHz untuk memaksimalkan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan 4G/LTE yang ada.

Telkomsel bersama BAKTI Kominfo juga sukses melakukan pengalihan seluruh ribuan BTS Universal Service Obligation (USO) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di sepanjang 2021 agar terhubung ke jaringan 4G/LTE Telkomsel.

“Telkomsel juga telah mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk melanjutkan membangun 7.772 BTS USO 4G di wilayah 3T hingga akhir 2022, untuk mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband terdepan yang akan membuka lebih banyak peluang penguatan ekosistem digital yang inklusif hingga pelosok negeri,” ujar Nugroho.

Informasi lebih lengkap mengenai mekanisme pelaksanaan program upgrade layanan 3G ke 4G/LTE Telkomsel, jadwal proses dan daftar kota/kabupaten hingga, hingga ragam promo produk dan layanan terkait dapat diakses melalui tautan: tsel.me/ingatempatg.

Your email address will not be published. Required fields are marked *