Lima Fakta Kemuliaan Lailatul Qadar
Keterangan Gambar : Oleh La Nita, S.Pd., M.M.

Lima Fakta Kemuliaan Lailatul Qadar

41 views
0

Radarsultra.co.id – Malam Lailatul Qadar merupakan, malam di bulan Ramadan yang sangat dinantikan oleh segenap umat muslim di seluruh dunia. Di malam ini, umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Apa yang menyebabkan Malam ini begitu mulia? Inilah lima fakta yang menjadi alasannya. 

1. Malam diturunkannya Al-Qur’an.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surah Al Qadr ayat 1, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan.” Sebagai malam peringatan diturunkannya kitab suci kepada umat muslim, tentu saja membuat Malam Lailatul Qadar penuh dengan berkah. Dalam buku Fikih Islam dari H. Sulaiman Rasjid dijelaskan bahwa siapapun yang beribadah di malam diturunkannya Al-Qur’an ini maka pahalanya akan dilipatgandakan lebih dari 29.500 lipat.

2. Malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Dalam Surah Al Qadr ayat 3, Allah berfirman, “Malam Kemuliaan adalah lebih baik dibanding seribu bulan.” Yang artinya, begitu mulianya Malam Lailatul Qadar sehingga pahala beribadah di malam itu sama dengan beribadah terus menerus selama lebih dari seribu bulan atau selama 83 tahun.

3. Malam turunnya para malaikat.

Seperti yang disebutkan dalam Surah Al Qadr ayat 4, pada malam ini juga turun malaikat-malaikat yang membawa rahmat ke bumi. Termasuk juga Malaikat Jibril dengan izin Allah SWT untuk mengatur segala urusan. Malam itu terasa sempit, terjadi festival para Malaikat antara langit dan bumi. Jumlah malaikat yang turun ke langit dunia lebih banyak dari butiran pasir. Bersamaan dengan turunnya para malaikat ini, banyak juga rahmat dan berkah yang datang ke umat manusia. Apalagi mereka yang berdzikir, berdoa, dan membaca Al-Quran di Malam Lailatul Qadar.

4. Ampunan bagi orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat pada Malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901). Karena Malam Lailatul Qadar begitu istimewa, malam ini dijadikan rahasia oleh Allah SWT. Jadi, kita tidak akan pernah tahu kapan pastinya malam Lailatul Qadar akan datang. Namun, para ulama menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar terdapat pada salah satu malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan. Salah satu hadis juga menjelaskan kalau Rasulullah SAW sangat sungguh-sungguh beribadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Kita bisa meniru kesungguhan Rasulullah beribadah di waktu tersebut untuk mendapatkan berkah Malam Lailatul Qadar.

5. Malam dicatatnya takdir tahunan.

Takdir tahunan pun dicatat pada Malam Lailatul Qadar. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surah Ad Dukhan ayat 4, “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” Ayat ini dijelaskan Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya yang berarti pada Malam Lailatul Qadar terjadi penulisan takdir manusia selama satu tahun, diantaranya takdir ajal dan rizki. Nah, karena Malam Lailatul Qadar penuh misteri, kita harus siap menyambutnya dengan beribadah secara tulus. Sehingga bisa mendapatkan kesejahteraan dan kedamaian hingga terbitnya fajar.

Oleh La Nita, S.Pd., M.M.
Penulis adalah ASN di Kabupaten Buton Utara yang mengisi jabatan strategis sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton Utara. Semasa kuliah penulis juga merupakan Kader HMI.