LHB Duta Keadilan Sultra Angkat Bicara Terkait Perkara Penganiayaan Warga Konkep
Keterangan Gambar : Wahyu Prianto, SH. MH, tim kuasa hukum

LHB Duta Keadilan Sultra Angkat Bicara Terkait Perkara Penganiayaan Warga Konkep

101 views
1

Kendari, Radarsultra.co.id – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Duta Keadilan Sultra yang saat ini dipercayakan oleh para korban penganiayaan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) angkat bicara terkait adanya isu intervensi dalam penindakan  kasus penyanderaan 10 (sepuluh) warga yang juga karyawan PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) pada Agustus 2019 lalu.

Wahyu Prianto, SH. MH, selaku tim kuasa hukum para korban menilai, kepolisian tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun dan harus bertindak netral dalam menangani kasus tersebut.

Sebab yang dilaporkan itu bukan masyarakatnya akan tetapi oknum yang melakukan tindak pidana. Jadi menurut kami selaku kuasa hukum apa yang di lakukan pihak kepolisian baik itu dalam melakukan penyidikan penangkapan pemeriksaan para tersangka dan calon tersangka sepanjang memenuhi prosedur itu adalah sah,” Wahyu Prianto, Jumat (29/11/2019)

Menurutnya, semua proses hukum yang saat ini telah dilakukan oleh pihak kepolisian merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan dalam menangani tindak pidana. Mengenai statemen salah satu LBH, menurutnya sah-sah saja. Akan tetapi, pihaknya tetap mengacu pada peraturan yang berlaku tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Pihak kepolisian tidak boleh di intervensi oleh pihak manapun, apalagi menghentikan proses penyelidikan dan penyidikan ataupun proses pengembangan perkara, karena itu akan menjadi masalah besar,”

Pendampingan hukum yang kami jalankan bagi korban penyekapan disertai kekerasan karyawan PT.GKP, dilakukan secara profesional, dan yang kami laporkan bukan masyarakatnya melainkan oknum yang melakukan tindak pidana,” jelasnya.