Lengkapi Sarana Komunikasi, Dinkominfo Butur Bakal Pasang Antena
Keterangan Gambar :

Lengkapi Sarana Komunikasi, Dinkominfo Butur Bakal Pasang Antena

50 views
0

Butur, Radarsultra.co.id — Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Buton Utara (Butur) kini berupaya untuk menyelesaikan persoalan jaringan komunikasi yang belum menjangkau beberapa wilayah yang ada di daerah tersebut. Caranya, dinas yang baru terbentuk itu bakal memasang tiang penangkap dan pelempar signal.

Tindakan tersebut diambil berhubung salah satu operator jaringan komunikasi Telkomsel belum bisa memasang tower. Pasalnya tidak tersedia listrik yang memadai dibeberapa area itu.

Kepala Dinkominfo Butur, Kadim melalui Sekretarisnya, Sartono di temui di kantornya, kemarin mengatakan, pihaknya telah meninjau lokasi yang bakal dipasangkan pelempar signal tersebut.

“Tahap awal kita masih fokus di wilayah Kulisusu Utara (Kulut) yaitu Desa Pebaoa, Desa Lakansai dan Desa Tomoahi. Pelempar jaringan ini akan menangkap jaringan dari pemancar tower dari Kabupaten Konawe Kepulauan,” katanya.

Ketiga desa itu, tambah mantan Kabag Humas Pemda Butur ini bakal dipasang tiang penangkap sinyal setinggi 32 meter dengan cakupan mampu melempar sinyal 1 kilometer. Sehingga masyarakat setempat sudah bisa menggunakan telepone selulernya untuk berkomunikasi, tanpa harus ke tempat tertentu.

“Satu tiang pelempar signal ini membutuhkan anggaran sebesar 120-150 juta. Ini merupakan solusi agar desa yang belum mendapatkan akses jaringan telepon segera diatasi,” pungkasnya.

Setelah memasang tiga desa itu, terang Sartono akan menyasar kecamatan lainnya. Terutama, di Kecamatan Kambowa dan Wakorumba Utara. “Kita mulai sisir desa yang belum terjangkau jaringan komunikasi. Sebelum BTS masuk, solusinya pelempar jaringan,” imbuhnya. (*)

About author