Laporan Tak Kunjung di Proses Bawaslu Muna, Tim Terbaik Datangi Bawaslu Sultra
Keterangan Gambar : Sudarmono, Juru Bicara Paslon Bupati dan Wakil Bupati Muna Rusman Emba - Bachrun (Terbaik)

Laporan Tak Kunjung di Proses Bawaslu Muna, Tim Terbaik Datangi Bawaslu Sultra

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Laporan tak kunjung diproses oleh oknum Komisioner Bawaslu Muna, tim pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati Muna Rusman Emba- Bachrun (Terbaik) melalui juru bicaranya Sudarmono mendatangi Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kedatangannya ke Bawaslu Sultra tersebut untuk mengadukan oknum Komisioner Bawaslu Muna yang tak kunjung memproses laporan dugaan pelanggaran pasangan No urut 2, Rajiun – Lapili.

Kami dari timnya Rusman Emba datang kesini untuk melaporkan kondisi Bawaslu Muna agar secepat mungkin mereka bisa cepat datang ke Muna untuk melakukan supervisi teerhadap Bawaslu Muna,” ujarnya, saat ditemui di Kantor Bawaslu Sultra, Kamis, (12/11/2020).

Sudarmono menjelaskan, pada devisi penindakan pelanggaran Bawaslu Muna, Askar, diduga tidak fair atau tidak adil, tidak cermat dan benar-benar tidak memahami dirinya sebagai seorang pengawas pemilu yang seharusnya dia harus mengawasi seluruh pasangan calon.

Contohnya begini ketika tim Rapi melapor, itu laporan segera mungkin ditindaki. Tapi kemudian ketika timnya Rusmin Emba melapor itu tidak ada klarifikasi dari pada saksi, tidak dipanggil terlapor. Tiba-tiba masalah dihentikan, pada saat kita melapor itu bukti-bukti sudah ada,” jelasnya.

Sebelumnya, pihaknya melaporkan ke Bawaslu Muna terkait dugaan Aparatur Sipil Negara (ASN) terlibat pada kampanye di Kecamatan pasikolage desa lambelu.

Selain pelanggaran melibatkan ASN, ada juga yang di lakukan pasangan no urut 2 dengan berkampanye diluar jadwal yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sudarmono, ada juga temuan Panwaslu Kecamatan dohia, rajiun saat berkampanye itu melibatkan perangkat desa, itu perangkat desa berorasi.

Itukan aneh. Devisi penindakan pelanggaran tidak menindak lanjuti kasus itu, ada apa? Oleh sebab itu kami datang kesini, bahwa Bawaslu Provinsi dapat mengambil kebijakan hal seperti itu,” katanya.

Sudarmono meminta agar Bawaslu Sultra harus mengambil tindakan yang lebih adik dan bijak, karna yang paling bertanggung jawab dalam penyelenggara pemilu adalah Bawaslu Provinsi.

Kita menduga Bawaslu Kabupaten Muna berpihak,” ujarnya.