Kunjungi Butur, Ini Harapan Warga Asing Untuk Pariwisata Butur
Keterangan Gambar :

Kunjungi Butur, Ini Harapan Warga Asing Untuk Pariwisata Butur

41 views
0

Buton Utara, Radarsultra.co.id – Kedatangan puluhan wisatawan mancanegara peserta Wonderful Sail to Indonesia di Kabupaten Buton Utara (Butur) pada 12 Agustus hingga 14 Agustus 2019 bertepatan dengan festival Bharata Kulisusu yang dihelat sejak 11 Agustus hingga 14 Agustus 2019.

Sebanyak 27 bule (Orang asing) yang berasal dari berbagai negara memasuki perairan Butur dengan menggunakan beberapa kapal kecil dan berlabuh diperairan Desa Banua-banua Jaya (Kampung Bajo), Kecamatan Kulisusu, Butur.

Menyambung informasi dari para wisatawan, Pemandu Wisata, Rauf mengatakan, tujuan para wisatawan berkunjung ke Butur karena ingin mengetahui budaya lokal masyarakat Butur, dan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara memelihara kebersihan lingkungan terutama sampah plastik.

Dalam kunjungannya, puluhan warga asing tersebut juga menyempatkan diri untuk mengunjungi sekolah-sekolah guna memberi tips belajar bahasa Inggris dan edukasi tentang bahaya sampah plastik.

“Iya, mereka sangat positif. Mereka sangat menikmati diskusi dengan anak-anak sekolah dan kagum dengan kecerdasan berpikir anak-anak SMA di Butur,”ujar Rauf, Kamis (15/08/2019).

Selain itu, Rauf mengatakan, para wisatawan asing juga banyak membeli cinderamata hasil kerajinan tangan masyarakat lokal seperti keranjang rotan, nyiru, parang, tikar anyaman daun palem dan baju-baju adat jahitan lokal.

“Harapannya mereka agar tempat-tempat wisata yang ada di Butur terus dikelola dengan baik dan terpelihara keaslian dan kebersihannya. Kita juga berharap kepada generasi muda khususnya anak-anak sekolah agar kecerdasan berpikir berbanding lurus dengan kecerdasan dalam tindakan di lapangan. “Intelligence in mind is equal with work action. Juga pagelaran budaya lebih intensif dilaksanakan dengan promosi/publikasi hingga ke luar negeri melalui jaringan internet,” tukasnya.